14 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif yang Perlu Ayah Tahu

14 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif yang Perlu Ayah Tahu

November, 29 2018 | editor 2 | for DAD

14 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif yang Perlu Ayah Tahu

Ketika si Kecil hadir di dunia dan selalu dalam lindungan Bunda dan Ayah, ada hal lain yang juga dapat melindunginya--khususnya dalam hal menjaga kesehatan si Kecil--yaitu ASI eksklusif. Biasanya, pemberian ASI eksklusif dilakukan mulai dari si Kecil lahir hingga ia berusia 6 bulan, sebelum memasuki fase MPASI.

Ini artinya, hanya ASI sajalah makanan si Kecil. Meski demikian, ASI ternyata sangat cukup dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, lho.

Eits… Tidak hanya itu saja. Masih banyaaakkk sekali manfaat ASI eksklusif untuk si Kecil. Mungkin Bunda sudah mengetahuinya. Tapi bagaimana dengan Ayah?

Yuk, ajak Ayah membaca artikel ini agar beliau tahu berbagai manfaat ASI eksklusif, baik untuk si Kecil maupun untuk Bunda sendiri.

Manfaat ASI bagi si Kecil

Sebagai pemenuhan nutrisi si Kecil

Sebagai makanan pertama dan utama untuk si Kecil, ASI memang bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan si Kecil dari lahir hingga usia 6 bulan. Terima kasih kepada kandungan vitamin dan mineral yang super lengkap sehingga menjadikan ASI makanan paling sesuai untuk si Kecil.

Mampu mempercepat tumbuh kembang si Kecil

Sebuah penelitian di Korea yang meneliti 697 bayi pada 2006 menemukan bahwa pemberian ASI eksklusif dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif si Kecil, dibanding yang tidak diberikan ASI eksklusif.

Meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil

Tahukah Bunda? Kandungan IgA (Immunoglobulin A) pada ASI berfungsi menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh si Kecil, lho. Ia bakalan jarang sakit, deh.

Berperan penting dalam perkembangan intelegensi si Kecil

Asam lemak pada ASI memiliki peranan penting dalam kecerdasan otak si Kecil. Hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian, Bun. Maka dari itu, yuk, berikan ia ASI eksklusif sampai usia 6 bulan.

Berperan mengenalkan rasa pada si Kecil

Pada saat Bunda melakukan proses menyusui, tentu Bunda membutuhkan banyak asupan nutrisi. Alhasil, apapun yang Bunda konsumsi akan dirasakan juga oleh si Kecil melalui si ASI. Nah, ia jadi bisa mengenal banyak rasa, deh.

Mencegah kondisi obesitas pada si Kecil

Bunda, pemberian ASI eksklusif sampai dengan minimal 6 bulan dapat membantu si Kecil tumbuh dengan bobot tubuh normal, lho. Menurut para ahli, hal tersebut dapat terjadi karena ASI memiliki lebih sedikit insulin yang dapat memicu pembentukan lemak. Selain itu, ASI juga memiliki kadar leptin yang tinggi, sehingga rasa kenyang timbul lebih cepat dan membantu memetabolisme lemak.

Memperkuat tulang si Kecil

ASI eksklusif berperan penting dalam menunjang dan menjaga pertumbuhan tulang si Kecil. Melalui pemberian ASI eksklusif, tulang leher dan tulang belakang si Kecil bakalan lebih kuat, Bun.

Mengurangi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Pemberian ASI eksklusif sangat penting dalam menurunkan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) sebesar 50%, Bun. Beberapa ahli pun percaya bahwa pemberian ASI eksklusif mampu melindungi si Kecil dari infeksi yang dapat meningkatkan risiko SIDS.

Manfaat ASI bagi Bunda

Mempercepat pemulihan pasca persalinan

Ketika Bunda melakukan proses menyusui, Bunda akan lebih cepat pulih dari proses persalinan, lho. Hal ini disebabkan karena menyusui akan memacu produksi hormon oksitosin. Hormon tersebut membantu memperlancar produksi ASI sekaligus membantu mengembalikan ukuran rahim menjadi normal, sampai mengurangi perdarahan pasca persalianan. Wow...

Sebagai kontrasepsi alami

Pssttt… Menyusui sama dengan menunda periode menstruasi Bunda, lho. Ini dikarenakan saat Bunda melakukan pemberian ASI eksklusif, produksi hormon estrogen akan berkurang, sehingga ovulasi tidak terjadi.

Praktis dan ekonomis

Tentu saja pemberian ASI eksklusif termasuk praktis dan ekonomis karena Bunda sama sekali tidak mengeluarkan biaya apapun. Bunda juga tidak perlu membeli susu formula, deh.

Membantu mengurangi berat badan secara alami

Yup, Bun. Menyusui bisa memangkas kalori tubuh sebanyak 500 kalori setiap harinya. Wah, jadi semangat menyusui si Kecil nih.

Meningkatkan bonding antara Bunda dan si Kecil

Hal tersebut dapat terjadi karena selama proses menyusui, Bunda dan si Kecil akan saling menatap. Dekapan Bunda juga dapat meningkatkan bonding.

Memperkecil risiko kanker payudara

Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Bunda melakukan proses menyusui, maka risiko terkena kanker payudara (dan bahkan kanker ovarium) bakal semakin berkurang.

Nah, itulah 14 manfaat ASI eksklusif untuk si Kecil dan juga untuk Bunda yang perlu diketahui oleh Ayah. Agar pemberian ASI eksklusif berjalan dengan lancar, jangan lupa konsumsi vitamin pelancar ASI seperti Asifit. Vitamin ini terbuat dari ekstrak daun katuk dan memiliki kandungan vitamin B kompleks yang mampu memperlancar produksi ASI Bunda sekaligus menjaga kualitasnya.

Konsumsi Asifit sebanyak 2-3 kapsul 3x sehari ya, Bun!