ASI Bunda Berkurang? Lakukan Pijat Pelancar ASI yuk!

ASI Bunda Berkurang? Lakukan Pijat Pelancar ASI yuk!

November, 02 2018 | Super Admin User | BREASTFEEDING

Pemberian ASI eksklusif kepada si Kecil memang merupakan hal penting yang harus Bunda lakukan. Paling tidak, Bunda mesti melakukannya minimal selama 6 bulan awal kehidupan si kecil. Apalagi pada masa awal kehidupannya, si Kecil hanya mendapatkan nutrisi dari ASI yang Bunda beri. Namun, tak jarang supply ASI berkurang sehingga tidak berbanding lurus dengan demand yang dibutuhkan si Kecil.

Ada beberapa hal yang dapat membuat supply ASI berkurang, beberapa di antaranya adalah stres, menurunnya kesehatan Bunda, efek samping obat-obatan, kurang istirahat, dan pola makan tidak seimbang.

Lalu, bagaimana cara Bunda mengatasi permasalahan yang membuat supply ASI berkurang tersebut? Tenang, Bun. Caranya cukup mudah, kok.

 

Selain menjaga kesehatan dengan makanan bergizi dan memulai pola hidup seimbang agar tidak stres, Bunda tentu tahu kalau pumping dapat memperlancar kembali produksi ASI. Tidak hanya itu, pumping juga dapat mencegah Bunda terkena mastitis, lho.

Tapi, ada cara lain yang tidak kalah mudah, nih, Bun, yaitu pijat pelancar ASI.


Yup! Pijat pelancar ASI (atau pijat payudara) dapat membantu peredaran darah dan ASI ketika Bunda menyusui, karena dapat mengurai secara perlahan kelenjar susu yang tersumbat atau menggumpal. ASI Bunda bisa keluar dengan mudah, deh, jadinya. Melakukan pijat payudara juga dapat membuat Bunda rileks dan bisa beristirahat dengan baik. Wah, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui!

Pertanyaan selanjutnya yang ada di pikiran Bunda pasti “Bagaimana cara melakukan pijat pelancar ASI ini?”. Nah, baca terus agar Bunda mengetahuinya, ya.

  1. Olesi bagian sekitar payudara hingga ketiak dengan minyak zaitun atau baby oil.

  2. Berdirilah di depan cermin, lalu angkat salah satu tangan Bunda. Mulailah pijat pelancar ASI di bagian ketiak--tepatnya di bagian bawah ketiak (kelenjar getah bening)--dengan lembut dan tanpa tekanan keras karena dapat merusak jaringan kelenjar.

  3. Beralih ke area payudara, posisikan kedua telapak tangan di salah satu payudara, lalu gerakkan kedua tangan naik turun. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali sebelum pindah ke sisi payudara yang lain.

  4. Lanjutkan dengan mengangkat satu sisi payudara dengan tangan kiri. Menggunakan tiga atau empat jemari tangan Bunda, buatlah gerakan melingkar di atas puting susu sebanyak 20 kali.

  5. Menggunakan kedua tangan Bunda, pijat payudara secara perlahan dari bagian luar menuju puting susu. Bunda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 kali, lalu ganti ke sisi payudara yang lain.

  6. Gerakan terakhir, puntir pelan-pelan puting susu Bunda pada masing-masing payudara menggunakan ujung ibu jari dan telunjuk.

  7. Setelah selesai, kompres payudara dengan handuk hangat selama 2 menit, lalu ganti dengan handuk dingin selama 1 menit. Kompres secara bergantian hingga 3 kali dan diakhiri dengan kompres hangat.


Selain melakukan pijat pelancar ASI, Bunda juga bisa, lho, mengonsumsi suplemen makanan yang dapat meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

Asifit pelancar ASI salah satunya. Suplemen dari bahan alami yaitu ekstrak daun katuk ini berfungsi memperlancar dan meningkatkan produksi ASI Bunda secara alami, lho.


Mengandung vitamin B kompleks yang dapat membuat Bunda selalu bugar, Asifit pelancar ASI sangat aman dikonsumsi Bunda mulai dari usia kehamilan 7 bulan. Konsumsi 3x sehari sebanyak 1-2 kaplet, ya.

Yuk, coba pijat pelancar ASI sekaligus konsumsi Asifit pelancar ASI agar produksi ASI Bunda lancar dan berkualitas!