Mainan untuk Merangsang Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

Mainan untuk Merangsang Perkembangan Bayi 0-6 Bulan

November, 28 2018 | editor 2 | for DAD

Tak sekedar kasih sayang dan nutrisi, mainan juga penting bagi tumbuh kembang bayi. Sebab di usia 6 bulan pertama, si kecil sedang berproses mengenal hal - hal baru di sekitar mereka. Memberikan benda - benda yang aman dan mampu merangsang motorik juga sensorik seperti suara, sentuhan, rasa,  penting buat perkembangan bayi.

Nah, saat ini ragam mainan bayi yang semakin banyak, pasti bikin bingung kan, Yah! Karenanya, sebelum pergi ke toko, yuk kita lihat, apa saja sih jenis mainan bayi yang cocok untuk merangsang tumbuh kembang si kecil dan yang tak kalah penting, sesuai dengan usianya.

PERMAINAN CI-LUK-BA

Di awal perkembangannya, bayi usia 0-3 bulan sebetulnya hanya menguasai 3 aktivitas, yakni melihat, menoleh  dan mengamati. Itu semua karena kepala hingga kaki si kecil belum kuat sempurna. Permainannya pun masih terbatas oleh penglihatan dan pendengaran.

Maka dari itu, Yah, salah satu permainan sederhana yang bisa diberikan pada si kecil dan melibatkan kita sebagai orang tua adalah permainan ci-luk-ba. Memang, tanpa disadari, ayah dan bunda sering melakukan ini, dan si kecil merasa senang. Walau terlihat remeh, dengan permainan ci-luk-ba, ayah bisa melatih respon si kecil terhadap penglihatan dan suara.

MAINAN GANTUNG

Salah satu mainan favorit buat bayi adalah mainan yang digantung. Jenis mainan ini membantu merangsang kemampuan bayi untuk melihat dan mendengar. Mainan dengan warna terang dan cerah seperti merah, kuning, atau biru biasanya paling menarik perhatian si kecil. Apalagi jika mainan tersebut dilengkapi dengan kerincingan atau menimbulkan bunyi-bunyian.

Terkadang, saat ingin meraihnya si kecil akan sesekali menangis. Atau bahkan mengajak ‘bicara’ mainannya sembari mengeluarkan suara lucu. Tak perlu sedih, Yah! Justru itulah respon yang kita harapkan, bahwa si kecil mampu  bereaksi dengan benda di sekitarnya.

TEETHER

Satu hal yang harus ayah sadari, pada umumnya bayi gemar mengeksplorasi benda-benda, dan memasukkannya ke dalam mulut mereka. Termasuk, kaki dan tangan mereka sendiri! Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ayah bisa memberi si kecil teether.

Tapi jangan sembarang teether ya, Yah! Pilih yang bahannya aman dan bagus, untuk menghindari risiko pecah. Lalu sebelum masuk ke mulut bayi, pastikan harus steril, ya, misal dengan mencucinya menggunakan sabun khusus peralatan bayi atau disterilkan melalui sterilizer maupun direndam air hangat. Begitu pun setelah dipakai, segera cuci dan simpan baik-baik.

Tak cuma berguna membantu eksplorasi si kecil, teether terkadang juga bisa dimanfaatkan untuk mengurasi rasa nyeri atau gatal gusi saat gigi bayi mulai tumbuh. Namun jangan salah ya Yah, mainan ini tidak berpengaruh terhadap proses belajar mengunyah lho. Karena hal tersebut bergantung pada tekstur makanan yang diberikan.

MAINAN DENGAN CERMIN

Fungsi penglihatan pada bayi semakin membaik memasuki usia 3 bulan. Tak cuma sekedar melihat bentuk, si kecil mulai tertarik pada warna dan punya jarak penglihatan lebih jauh. Dengan mainan cermin, si kecil bisa mengamati berbagai hal pada tubuh mereka, termasuk ekspresi wajah sendiri.

Mainan dengan cermin juga berguna melatih bayi  saat tummy time, yakni waktu saat bayi tengkurap alias bertumpu pada perutnya, sambil melakukan berbagai aktivitas. Kegiatan ini bermanfaat menunjang perkembangan kemampuan motorik bayi.

Jika ingin memberinya mainan dengan cermin, cari yang tidak mudah pecah ya, Yah! Tak cuma itu, pilih yang bentuknya tidak terlalu besar serta bagian pinggirnya di lapisi plastik atau kain, dengan sedikit sudut atau lekukan.

BOLA

Bola bermanfaat untuk merangsang kemampuan gerak bayi yang sudah mulai merangkak. Kok bisa? Sebab, ketika si kecil menyentuh bola hingga menggelinding, nalurinya akan berkata untuk meraihnya. Bola dengan tekstur tertentu, juga berguna untuk melatih kemampuan sensorik bayi dan rangsangan untuk dapat menggenggam.

Tak cuma tekstur, bola yang berbunyi bila dipencet juga mampu melatih kepekaan nalar si kecil akan suara dan juga logika sebab-akibat.

Nah bagaimana Yah? Setelah melihat daftar mainan di atas, tak sulit kan sebenarnya mencari mainan untuk si kecil. Selamat membeli..