banner

#AyodukungASIeksklusif

Apa Itu ASI Eksklusif?

Pemberian ASI saja selama enam bulan pertama tanpa minimun atau makanan tambahan lain. Setelah 6 bulan, pemberian ASI dengan makanan pendamping ASI, lalu pemberian ASI dilanjutkan sampai dengan dua tahun atau lebih.

Apa Perbedaan ASI dengan Susu Formula?

Bahan-bahan yang ada dalam kandungan ASI berbeda dengan kandungan yang terdapat dalam susu botol. Perbedaannya bisa kita lihat contohnya adalah bahwasannya susu sapi atau susu formula mengandung protein dua kali lebih banyak dari ASI. Sedangkan ASI lebih banyak kandungan akan asam lemak tak jenuh ganda dibandingkan dengan susu formula atau susu botol.

ASI mengandung imunoglobulin, fagosit, limfosit T, enzim-enzim penting lainnya seperti lisozim dan banyak zat bermanfaat dan berguna lainnya yang terdapat pada ASI yang melindungi bayi terhadap infeksi seperti halnya sel tubuh, antibodi, hormon dan juga zat penting lainnya.

Meskipun pabrik-pabrik produsen susu formula telah berusaha menambahkan beberapa zat yang sama dengan yang diatas telah disebutkan pada beberapa merek susu formula, tetapi zat tersebut bukan berasal dari manusia sehingga hal ini tidaklah sama dan juga identik. Ini juga yang menyebabkan perbedaan antara susu ASI dengan susu formula. Dan tentunya perbedaan komposisi ASI dan susu formula.


Asifit mendukung ASI Eksklusif selama 6 bulan untuk membantu mencetak generasi emas bangsa.