5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memberikan Menu MPASI pada Anak

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memberikan Menu MPASI pada Anak

July, 17 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Nggak terasa, ya Bun, usia si Kecil sudah mau menginjak enam bulan saja. Itu artinya, Bunda harus mulai memikirkan menu MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) untuk buah hati. Karena nutrisi si Kecil kini tidak hanya terpatok pada makanan ibu menyusui yang terkandung dalam ASI.  

Makanan bayi 6 bulan memang tak boleh asal-asalan. Selain kandungan nutrisinya, Bunda juga harus memperhatikan tekstur dari bahan makanan itu sendiri. Berikut Asifit berikan tips hal-hal yang Bunda harus perhatikan dalam memberikan menu MPASI pada anak.

1. Frekuensi 

Menurut Booklet Pemberian Makan Bayi dan Anak yang dirilis UNICEF, menu MPASI diberikan sesuai dengan perkembangan dan usia bayi. Biasanya, frekuensi akan meningkat seiring dengan usia dari bayi yang bertambah. 

Pada tahap awal, MPASI diberikan cukup 2-3 kali saja untuk mengecek apakah si Kecil alergi atau tidak, dengan frekuensi 2 kali sehari. 

2. Tekstur

Lantaran sistem pencernaannya belum sempurna, makanan bayi 6 bulan akan diterapkan mulai dari tekstur semi cair, lumat, semi padat hingga padat. Menu MPASI akan dimulai dari buah-buahan yang kaya dengan kandungan air, lalu mulai dengan makanan berserat. 

3. Variasi

Variasi dari menu MPASI juga harus Bunda perhatikan, ya. Hal ini guna mengenalkan si Kecil akan rasa pada indra pengecapannya. Menurut berbagai riset, ternyata nggak ada salahnya Bunda menambahkan ASI -- yang mengandung makanan ibu menyusui bergizi -- ke menu MPASI buah hati. 

4. Nutrisi 

Seiring bertambahnya usia, menu MPASI yang diberikan bisa dicampur dengan bahan-bahan dengan nutrisi beragam, seperti yang mengandung protein, mikronutrien, lemak, dan karbohidrat yang cukup.

Protein hewani seperti ikan tentunya sering menjadi andalan para Bunda. Ada baiknya juga jika Bunda mencampurkan menu MPASI dengan campuran kacang-kacangan, buah sayur, dan lemak.

5. Kebersihan

Sistem pencernaannya yang masih belum sempurna membuat bayi rentan terhadap bakteri jahat. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan untuk makanan bayi 6 bulan. 


Nah, itu dia lima hal yang harus diperhatikan Bunda ketika memberikan menu MPASI pada buah hati. Yang jelas, Bunda juga harus senantiasa memperhatikan sinyal lapar dan kenyang dari anak. 

Kendati telah menjalani MPASI, Bunda jangan lupakan tentang nutrisi ASI untuk si Kecil, ya. Tetap jaga kualitas ASI dengan rutin minum Asifit setiap hari 1-2 kapsul. Kandungan ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks membuat Asifit sebagai teman terbaik Bunda untuk wujudkan ASI eksklusif 2 tahun.