5 Tips Atasi ASI Ibu Kurang Lancar pada Penderita PCOS

5 Tips Atasi ASI Ibu Kurang Lancar pada Penderita PCOS

November, 15 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang dialami oleh wanita pada usia subur. Penderita PCOS sering mengalami gangguan menstruasi, sulit hamil hingga ASI ibu kurang lancar bagi yang sudah memiliki anak. 

Memang, beberapa riset menemukan PCOS mempengaruhi jumlah produksi ASI. Seperti dikutip dari Australian Breastfeeding Association (2000), PCOS mengganggu hormon yang dibutuhkan payudara untuk produksi ASI hingga menyebabkan ASI ibu kurang lancar

Asifit bisa menjadi solusi untuk para pengidap PCOS. Asifit dikenal sebagai suplemen ASI daun katuk. Asifit memang menyimpan manfaat alami ekstrak daun katuk yang dipercaya mampu meningkatkan dan memperlancar produksi ASI ibu. Belum lagi ditambah dengan kandungan vitamin B kompleks (B1, B2, B6 dan B12) membuat Asifit jawaban tepat untuk ASI ibu kurang lancar saat menyusui. 

Selain minum suplemen ASI daun katuk, penderita PCOS juga bisa melakukan sejumlah tips Asifit berikut ini untuk meningkatkan kualitas ASI selama menyusui. 

  1. Konsultasi dengan dokter laktasi

Lisa Marasco yang dikenal sebagai konsultan laktasi internasional menyarankan ibu yang menderita PCOS agar selalu pumping 15 menit usai menyusui selama dua minggu awal pasca persalinan. Hal ini berguna untuk mengatasi ASI ibu kurang lancar dengan menstabilkan produksi ASI. 

  1. Konsumsi banyak cairan

Perbanyak minum air putih agar masalah ASI ibu kurang lancar bisa teratasi. Salah satu indikator tubuh cukup cairan yaitu urin berwarna pucat. 

  1. Konsumsi suplemen hormon

Lakukan konsultasi pada dokter kandungan apakah perlu Bunda mengonsumsi obat hormon untuk meminimalisir PCOS selama menyusui. Beberapa suplemen yang biasanya dianjurkan dokter untuk ASI kurang lancar pada penderita PCOS seperti metformin dan domperidone.

Selain itu, ada juga suplemen myo-inositol yang membantu menyeimbangkan kadar insulin pada ibu PCOS yang menyusui. Jika Bunda sudah konsumsi Asifit, bisa konsultasikan kembali ke dokter apakah aman berdampingan dikonsumsi dengan suplemen hormon. 

  1. Makan bergizi

Untuk mengatasi ASI ibu kurang lancar, bisa didukung dengan makanan bergizi dengan tinggi nutrisi. Hindari makan junk food yang tinggi gula dan minyak. Silakan cek makanan jenis ibu menyusui yang bisa meningkatkan kualitas ASI di link ini

  1. Rajin olahraga 

Cara lain yang cukup ampuh untuk menstabilkan hormon adalah dengan rajin berolahraga minimal 30 menit sehari. Tidak perlu olahraga berat, Bunda bisa melakukan olahraga ringan yang bikin badan bugar seperti senam kegel dan jalan santai. 

Nah, kendati banyak penelitian yang menyebut penderita PCOS akan mengalami ASI ibu kurang lancar, bukan berarti Bunda tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. Pasalnya, pada riset terbaru yang dilakukan pada 2008 menyimpulkan ibu PCOS memang memiliki tingkat menyusui lebih rendah saat awal usai melahirkan dibandingkan ibu yang tidak PCOS. Namun, pada bulan ketiga tingkat menyusui ibu PCOS akan cenderung sama dengan yang tidak. 

Yang terpenting, Bunda bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati. Sertakan selalu Asifit sebagai teman Bunda untuk mewujudkan ASI eksklusif 6 bulan, dan dilanjutkan hingga 2 tahun. Semangat, ya, Bun!