7 Langkah Persiapan Bunda Menyusui yang Mesti Dilakukan

7 Langkah Persiapan Bunda Menyusui yang Mesti Dilakukan

November, 07 2018 | editor | BREASTFEEDING

Sebagai asupan terbaik untuk bayi, ASI memang terbukti memiliki peranan penting dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah membantu bayi membentuk sistem kekebalan tubuh. Yup, ASI memiliki kandungan zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang dapat membantu bayi melawan bakteri dan virus. Artinya, bayi Bunda bakal tidak mudah cepat sakit apabila ia menerima ASI eksklusif setidaknya hingga 6 bulan pertama kehidupannya.

Nah, agar Bunda dapat secara lancar melakukan pemberian ASI eksklusif, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hmm… Apa saja persiapan Bunda menyusui yang mesti dilakukan? Baca terus untuk mengetahuinya, yaa.


1. Ikutan kelas edukasi menyusui, yuk, Bun!

Meskipun Bunda bisa mendapat berbagai informasi mengenai cara menyusui dari berbagai sumber online, tapi tidak ada salahnya untuk ikutan kelas menyusui, lho. Apalagi biasanya ada sharing session yang memungkinkan Bunda menambah pengetahuan atau sekadar bertukar cerita dengan Bunda lainnya. Hitung-hitung, sekaligus menambah teman, Bun.

 2. Perhatikan asupan gizi Bunda juga, ya

Mengerti seluk-beluk ASI hingga teknik menyusui memang persiapan yang penting. Namun, persiapan Bunda menyusui yang satu ini juga tidak kalah penting, yaitu memperhatikan asupan gizi Bunda. Kenapa? Kalau asupan gizi Bunda kurang memadai, maka dapat menimbulkan masalah dalam produksi ASI sehingga bisa-bisa tidak lancar. Bunda tentu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, perhatikan asupan gizi Bunda, ya.

3. Pastikan Ayah sudah siap membantu Bunda melakukan proses menyusui

Meski yang menyusui si Kecil sudah pasti adalah Bunda, dukungan Ayah juga penting dalam memperlancar proses menyusui, lho. Beberapa dukungan yang dapat Bunda terima dari Ayah sebagai bentuk persiapan Bunda menyusui misalnya membantu mengurus kebutuhan rumah hingga kebutuhan Bunda. Pastikan Bunda dan Ayah membicarakan hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman sehingga Ayah sadar dan mengerti bahwa Bunda pasti akan membutuhkan pertolongan Ayah.

 4. Persiapkan alat pompa ASI

Nah, ini dia alat tempur utama yang harus Bunda siapkan sebelum si Kecil hadir di dunia. Pompa ASI atau breastpump dapat membantu Bunda mengumpulkan stok ASI perah. Ada dua jenis yang bisa Bunda pilih, yaitu alat pompa manual dan alat pompa elektrik. Sebenarnya, kedua alat tersebut memiliki fungsi yang sama, Bun. Tinggal dipertimbangkan saja alat mana yang lebih cocok dengan aktivitas, mobilitas, dan budget Bunda.

 5. Jangan lupa persiapkan pakaian menyusui

Jika menyusui akan menjadi pengalaman baru dan pertama bagi Bunda, jangan lupa untuk menyiapkan pakaian menyusui, ya, Bun. Pilihlah pakaian yang memiliki kancing depan agar Bunda lebih mudah melakukan proses menyusui nantinya. Lalu, pilihlah pakaian berbahan halus sehingga si Kecil tidak akan kegerahan saat sedang menyusu.

 6. Bunda juga perlu mempersiapkan psikologis dan fisik agar kuat mental

Bun, rasa percaya diri merupakan hal yang perlu Bunda miliki saat melakukan proses menyusui. Jika nantinya ASI Bunda hanya sedikit, jangan berkecil hati karena Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter atau rutin melakukan terapi pijat payudara seperti yang disebut di atas. Selain itu, kelilingi diri Bunda dengan orang-orang berenergi positif karena beberapa bulan pertama setelah kehadiran si Kecil, tentu waktu dan tenaga Bunda akan tersita.

 7. Konsumsi vitamin pelancar ASI, ya

Sejak memasuki kehamilan 7 bulan, Bunda sudah bisa mulai konsumsi vitamin pelancar ASI yang memiliki ekstrak daun katuk, ya, Bun. Kenapa harus ekstrak daun katuk? Hal ini disebabkan daun katuk dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Apalagi konsumsi daun katuk untuk Bunda hamil sebenarnya sudah menjadi tradisi turun-temurun, khususnya di Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat ekstrak daun katuk, Bunda dapat memilih Asifit sebagai vitamin pelancar ASI. Dengan kandungan ekstrak daun katuk, Asifit pelancar ASI juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12, lho. Konsumsi vitamin pelancar ASI ini sehari 3x sebanyak 1-2 kaplet, yaa.

ASI eksklusif adalah nutrisi penting dan utama untuk si Kecil. Jadi, pastikan 7 langkah persiapan Bunda menyusui di atas dilakukan, ya, Bun. Happy breastfeeding!