Fakta atau Mitos? Ini Perbedaan ASI Foremilk & ASI Hindmilk

Fakta atau Mitos? Ini Perbedaan ASI Foremilk & ASI Hindmilk

August, 29 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Bagi para Bunda yang sedang menyusui, pasti sudah mulai mencari-cari tahu tentang perbedaan ASI Hindmilk dan ASI Foremilk, kan? Dua kandungan utama dari ASI (Air Susu Ibu) tersebut memang menjadi sumber nutrisi penting buat si Kecil. Sekadar untuk diketahui, perbedaan ASI Hindmilk dan ASI Foremilk berada pada nutrisi di dalamnya seperti lemak dan protein. 

Yap, ASI Foremilk yang berada di awal saat bayi menghisap puting Bunda diketahui kaya akan karbohidrat, vitamin, protein, serta laktosa yang membantu perkembangan otak bayi, mengatasi haus dan memberi energi. Tak mau kalah, ASI Hindmilk juga mengandung lemak yang penting sebagai nutrisi si Kecil sekaligus dalam rangka dukung ASI Eksklusif.

Karena kandungan lemak tersebut pula, ASI Hindmilk kerap menjadi acuan Bunda dalam memberikan ASI pada si Kecil. Apalagi banyak mitos yang bertebaran tentang ASI Hindmilk yang lebih baik dari ASI Foremilk. Lantas, benarkah hal tersebut? Berikut Asifit Pelancar ASI beberkan sederet fakta dan mitos tentang ASI Hindmilk dan ASI Foremilk.


Mitos: ASI Hindmilk lebih bikin kenyang

Fakta: Kandungan lemak dalam ASI Hindmilk yang bertekstur kental mampu membuat bayi merasa jauh lebih kenyang. Selain itu, lemak juga memiliki peran dalam melindungi organ vital dalam tubuh bayi yang belum sempurna, serta sebagai sumber energi dan melindungi tubuh si Kecil dari perubahan suhu lingkungan. 


Mitos: Menyusui dengan payudara bergantian membuat bayi dapat semua nutrisi dalam ASI. Bayi juga akan lebih cepat kenyang.

Fakta: Dilansir dari The Asian Parent, menyusui dengan payudara bergantian justru rentan membuat bayi tidak menyerap banyak ASI Hindmilk. Akibatnya, bayi justru menjadi mudah lapar dan gelisah dalam tidurnya. 


Mitos: Berat badan bayi kecil ketika lebih banyak meminum ASI Foremilk

Fakta: Tidak ada kaitannya berat badan bayi dengan banyaknya ia mengonsumsi ASI Foremilk ketimbang ASI Hindmilk. Kendati perbedaan ASI Foremilk dan ASI Hindmilk terletak pada kandungan lemaknya, namun keduanya sama-sama memiliki peranan penting dalam pemenuhan nutrisi si Kecil, selama Bunda menyusui di waktu yang tepat dan melakukan gerakan dukung ASI eksklusif selama 6 bulan. 


Mitos: Bayi yang mendapat ASI Foremilk terlalu banyak akan lebih sering menyusu

Fakta: Tidak ada waktu yang pas untuk mendefinisikan kapan ASI Foremilk berubah menjadi ASI Hindmilk. Hal tersebut juga yang membuat mitos di atas tak sama sekali benar. Sebaiknya, menurut para ahli, Bunda menyusui sampai payudara kosong, baru berganti dengan payudara lainnya agar kebutuhan ASI Hindmilk dan ASI Foremilk didapat si Kecil. Rata-rata durasi menyusui adalah 25-30 menit. 


Buat mendukung aktivitas menyusui, Bunda bisa nih mengonsumsi Asifit Pelancar ASI setiap hari sebanyak 1-2 kaplet saja. Kandungan ekstrak daun katuk alami serta vitamin B kompleks dalam Asifit Pelancar ASI memang mampu meningkatkan produksi ASI dan membuat tubuh semakin bugar. Bunda bisa menemukan Asifit Pelancar ASI di Transmart, Giant, Guardian, AEON, Lulu Swalayan, Naga Swalayan, Century, Viva Health serta apotek terdekat di kotamu. Selain itu, Asifit Pelancar ASI juga bisa dipesan melalui official store Kimia Farma di online merchant kami, klik di sini.