Ibu Bekerja, Wajib Mengetahui ASI Basi atau Tidak di Cooler Bag

Ibu Bekerja, Wajib Mengetahui ASI Basi atau Tidak di Cooler Bag

October, 29 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Perjuangan ibu bekerja yang masih menyusui memang patut diacungi jempol. Setiap pagi, para ibu bekerja harus mempersiapkan segala keperluan keluarga serta si Kecil sebelum meninggalkannya hingga sore. Bagi yang masih berjuang mengASIhi, pasti harus mempersiapkan cooler bag untuk memenuhi kebutuhan ASI si Kecil, dan juga vitamin pelancar ASI seperti suplemen Asifit yang ditaruh di tas kerja. 

Kehadiran suplemen Asifit memang sudah membantu banyak ibu bekerja di Indonesia. Sebagai booster ASI yang aman, suplemen Asifit mengambil manfaat ekstrak daun katuk alami yang dipercaya turun temurun mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI. Selain manfaat ekstrak daun katuk, suplemen Asifit juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu menjaga kebugaran Bunda selama menyusui. 

Tapi tahukah Bunda, jika ASI yang disimpan di cooler bag masih memiliki risiko basi? Yuk, Bun, simak beberapa tips mengetahui asi basi atau tidak yang ditaruh di cooler bag. 

  • Pastikan suhu cooler bag

Tak ada salahnya buat Bunda membeli termometer untuk mengecek suhu cooler bag yang Bunda bawa selama bekerja. Karena dengan kontinyu mengecek suhu dalam cooler bag, Bunda bisa mengetahui ASI basi atau tidak. Suhu ideal untuk ASI berada di cooler bag adalah 4-15 derajat Celcius. 

  • Aroma serta penampakan ASI

Tips mengetahui ASI basi atau tidak lainnya adalah dengan melihat penampakan serta aroma ASI itu sendiri. Bagi Bunda yang bekerja, setiap 2-4 jam sekali pasti melakukan pompa ASI. Nah, pada waktu tersebut, Bunda bisa nih sambil mengecek keadaan ASI yang Bunda pompa sebelumnya. 

Pertama, cek penampakan ASI yang terdiri dari komponen lemak dan non lemak. Coba goyangkan wadah penyimpanan ASI yang Bunda gunakan apakah dua komponen ASI itu bergabung atau tidak. Jika tidak, sebaiknya Bunda segera buang ASI tersebut. 

Kedua, jika Bunda ragu pada cara pertama maka Bunda bisa coba buka wadah penyimpanan dan cium aroma ASI. Salah satu ciri mengetahui ASI basi atau tidak adalah aroma yang masam. Untuk memastikan lagi, Bunda bisa icip sedikit ASI perah tersebut apakah sudah berasa masam, jika ya maka jangan berikan pada si Kecil ya, Bun. 

  • Cek wadah penyimpanan

Penyebab ASI basi dalam cooler bag dikarenakan ketidaktelitian dalam menyimpan ASI di wadah penyimpanan. Sebelum menutup cooler bag, Bunda harus benar-benar memastikan wadah penyimpanan ASI tertutup sempurna atau tidak. Oh iya Bun, untuk menjaga agar ASI tidak basi, pastikan juga ice pack atau ice gel tidak rusak. 

Nah, itu dia tips mengetahui ASI basi atau tidak yang disimpan di cooler bag. Bagi Bunda bekerja, memompa ASI ketika berada di luar memang dibutuhkan konsistensi. Terkadang Bunda pasti merasa letih karena rutinitas kerja yang padat, namun Bunda tetap harus mengukuhkan niat demi si Kecil, ya. Jangan lupa konsumsi Asifit, ya Bun, agar ASI lancar, dan tentunya selalu berpikiran positif dan bahagia karena mindset sangat mempengaruhi derasnya produksi ASI. Semangat untuk mengASIhi, ya, Bun.