Ini Lho Bun, Manfaat & Bahaya Posisi Menyusui Sambil Tiduran

Ini Lho Bun, Manfaat & Bahaya Posisi Menyusui Sambil Tiduran

July, 08 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Ada banyak posisi menyusui yang Bunda bisa coba. Kadang kala, menyusui sambil berdiri atau duduk melelahkan, ya Bun. Apalagi ketika malam hari saat mata sudah tak mampu terjaga lebih lama lagi. Posisi sambil tiduran pun kerap menjadi alternatif untuk para Bunda, terutama untuk Bunda yang sedang mencari-cari informasi persiapan ibu menyusui yang juga mempertimbangkannya.  

Selain mampu membangun bonding yang kuat antara ibu dan anak, usut punya usut, posisi menyusui sambil tiduran ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik buat bayi dan ibu menyusui, seperti: 

1. Aliran ASI cepat

Posisi menyusui sambil tiduran miring ternyata  mampu membuat ASI keluar cepat, lho Bun. Si Kecil pun dapat memiliki kontrol terhadap aliran ASI yang diterima. 

Selama menyusui, Bunda bisa nih mengonsumsi suplemen pelancar ASI, Asifit Kimia Farma. Asifit Kimia Farma memang telah teruji secara klinis mampu meningkatkan kualitas ASI dengan kandungan ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks. 

2. Atasi nyeri punggung

Ketimbang posisi duduk, posisi menyusui sambil tiduran memang sangat nyaman, terutama bagi ibu menyusui yang memiliki masalah nyeri punggung. Saat tiduran, maka otot akan lebih rileks tanpa tekanan pada punggung bagian bawah. 

3. Mengurangi bengkak jahitan

Bagi Bunda yang memiliki luka sesar, pasti kerap merasakan sakit saat menggendong sambil menyusui. Untuk meminimalisir rasa sakit tersebut, Bunda boleh kok menyusui sambil tiduran.


Selain tiga manfaat di atas, posisi menyusui sambil tiduran juga ternyata memiliki bahaya yang tak disadari, terutama buat si Kecil. Yuk, Bun, ketahui biar bisa lebih berhati-hati lagi.  

1. Mudah tersedak

Meski memiliki kontrol terhadap aliran ASI yang deras,  di sisi lain menyusui sambil tiduran juga bisa membuat bayi mudah tersedak, karena kemampuan menelannya yang belum sempurna. Jika bayi sudah tersedak, maka jalan napas akan tersumbat. Jika tidak buru-buru ditangani akan menyebabkan kematian. 

2. Infeksi telinga

Lantaran ASI yang keluar deras, maka bisa menyebabkan peluang ASI mengalir ke telinga disebabkan saluran yang menghubungkannya dengan tenggorokan. Bunda sebaiknya perlu memperhatikan posisi menyusui yang baik agar infeksi telinga tengah tidak terjadi karena akan berdampak pada pecahnya gendang telinga. 

3. Napas tersumbat 

Saat menyusui sambil tiduran, Bunda sebaiknya memegang payudara agar mengetahui arah puting apakah masuk ke mulut bayi atau tidak. Karena posisi menyusui sambil tidur bisa membuat bayi sulit bernapas karena tertutup oleh payudara. 

4. Tergencet 

Yang paling membahayakan adalah posisi menyusui sambil tidur dapat membuat Bunda mudah terlelap. Tanpa sadar, Bunda bisa menggencat tubuh si Kecil yang sedang menyusu. Sebaiknya hindari menyusui saat kondisi mengantuk. 


Nah, itu dia manfaat dan bahaya dari posisi menyusui sambil tiduran. Semoga bermanfaat ya, Bun, informasi dari Asifit Kimia Farma ini.