Jangan Panik! Ketahui Cara Mengatasi Bayi Tersedak Saat Menyusu

Jangan Panik! Ketahui Cara Mengatasi Bayi Tersedak Saat Menyusu

September, 27 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Pastinya sangat menyenangkan ya, Bun, bisa ikut berpartisipasi menyemarakan gerakan dukung ASI Eksklusif yang digalakkan Pemerintah. Bunda juga tentunya sudah mencari banyak informasi tentang menyusui si Kecil yang baik, termasuk cara menyusui agar bayi tidak tersedak. Saluran pernapasan bayi yang masih sangat kecil memang membuat bayi rentan tersedak terhadap sesuatu yang masuk ke mulutnya. 

Itulah sebabnya, Bunda dan Ayah harus senantiasa menggali banyak informasi tentang cara menyusui agar bayi tidak tersedak. Kendati keadaan si Kecil tersedak saat menyusu tak terelakan, Bunda jangan langsung panik, ya, saat menghadapi kondisi genting ini. Tetap tenang, dan lakukan pertolangan pertama pada buah hati agar tidak berakibat fatal. 

Berikut ciri-ciri bayi tersedak yang harus Bunda waspadai. 

  • Si Kecil tiba-tiba mengalami sulit bernapas yang ditandai dengan tulang rusuk dan dada yang ketarik.
  • Mendadak tidak bisa menangis. Dalam beberapa kasus, bayi yang tersedak akan mengeluarkan nada tinggi saat menarik napas. 
  • Kulit si Kecil menjadi kebiru-biruan.
  • Bayi memiliki kondisi lemah, tidak responsif hingga hilang kesadaran.  

Bayi tersedak

Setelah menyadari beberapa ciri bayi tersedak, Bunda bisa segera terapkan cara Asifit berikut ini untuk menghadapi si Kecil yang tersedak saat tengah menyusu. 

  • Saat si Kecil sudah tidak bisa batuk, menangis atau sulit bernapas, Bunda harus sigap menggendong dan memosisikan si Kecil di bawah satu lengan dengan cara diapit. Pakai ibu jari dan jari lain untuk menahan rahang si Kecil. 
  • Yang terpenting, Bunda harus mengusahakan posisi kepala si Kecil tidak lebih rendah dari dadanya. 
  • Tepuk pelan bagian tulang belikat si Kecil yang menjadi penyebab ia tersedak dan harus segera dikeluarkan. 
  • Usahakan Bunda tetap memegang rahang si Kecil dengan cukup kuat. 
  • Pelan-pelan, Bunda bisa kembali posisi si Kecil ke seperti semula menggunakan tangan yang memberikan tepukan. 
  • Jika penyebab bayi tersedak belum terselesaikan, Bunda bisa meletakan dua jari di tengah dada si Kecil yang terlentang dan tekan hingga terlihat sesuatu yang keluar dari mulutnya dan bisa normal bernapas lagi. 
  • Jika beberapa cara di atas tidak lantas membuat bayi lebih baik, sebaiknya Bunda bisa segera mencari pertolongan dokter atau bidan terdekat. 

Sebelumnya, Asifit juga sudah mengulik berbagai macam cara menyusui agar bayi tidak tersedak yang bisa Bunda terapkan saat menyusui si Kecil. Selain itu, Bunda harus senantiasa mengimbangi kebutuhan si Kecil dengan asupan nutrisi yang baik, apalagi saat bayi masih berusia di bawah 6 bulan. 

Asifit hadir sebagai sahabat terbaik Bunda dalam #MenjagaKasihIbu dan dukung ASI eksklusif. Asifit adalah suplemen pelancar ASI  yang terbukti mampu meningkatkan produksi ASI Bunda karena kandungan ekstrak daun katuk alaminya. Selain itu, Asifit juga melengkapi kebutuhan Bunda yang aktif dengan vitamin B kompleks untuk menjaga kebugaran tubuh. Bunda bisa lho konsumsi Asifit setiap hari karena aman selama dosis sesuai yaitu 3x sehari sebanyak 1-2 kaplet saja. Yuk Bun, dukung ASI eksklusif pada si Kecil!