Nutrisi Makanan Ibu Menyusui yang Buat Anak Cerdas

Nutrisi Makanan Ibu Menyusui yang Buat Anak Cerdas

July, 04 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Setiap orangtua pasti berharap sang anak tumbuh sehat dan cerdas. Nutrisi dari makanan ibu menyusui pun sangat diperhatikan agar keinginan itu bisa tercapai. Bahkan, sejak si Kecil masih dalam kandungan, Bunda sudah memberikan asupan nutrisi terbaik yang tertransfer melalui makanan yang Bunda konsumsi. 

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti jenis makanan ibu menyusui yang bisa membuat anak cerdas. Yang jelas, ASI yang Bunda berikan pada si Kecil menurut riset bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta kecerdasan (Intelligence Quotient/IQ) yang lebih tinggi. 

Demi menjaga kualitas ASI tersebut, tentunya Bunda harus menjaga pola makan selama menyusui. Mengonsumsi cemilan pelancar ASI sah-sah saja, namun Bunda juga tetap harus memerhatikan nutrisi terbaik dari makanan selama menyusui, ya. 

Yuk, simak jenis nutrisi yang dianjurkan sebagai makanan ibu menyusui

1. Karbohidrat kompleks

Gandum, kacang-kacangan, sayur serta buah merupakan jenis karbohidrat kompleks yang dianjurkan sebagai makanan ibu menyusui. Hal itu lantaran jenis karbohidrat kompleks lebih lambat untuk dicerna tubuh, sehingga akan memasok energi lebih lama dan gula darah yang stabil. 

Salah satu jenis sayur yang biasa dikonsumsi ibu menyusui adalah daun katuk. Kini, suplemen Asifit telah hadir sebagai inovasi baru untuk membantu produksi ASI Bunda. Dengan kandungan ekstrak daun katuk, mengonsumsi rutin 1-2 kaplet Asifit sebanyak tiga kali sehari bisa membuat ASI lancar.

2. Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa membuat buah hati cerdas, karena protein memiliki peranan dalam membentuk jaringan saraf dan otak. Beberapa sumber protein pada makanan seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, produk olahan susu, kacang-kacangan serta gandung utuh. 

Protein hewani dari ikan laut menjadi yang paling sering disarankan para ahli untuk ibu menyusui. Kandungan protein tinggi, lemak DHA, EPA, dan Omega 3 memang sangat penting untuk perkembangan mata dan otak bayi. Beberapa jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi Bunda seperti salmon, tuna, udang, dan kerang. Namun, Bunda juga mesti hati-hati dalam memilih makanan laut ya karena risiko kontaminasi merkurinya yang tinggi. 

3. Lemak sehat

Lemak menjadi salah satu nutrisi makanan yang kerap dihindari oleh banyak orang. Namun, tahukah Bunda kalau jenis lemak beraneka ragam? Dan, jenis lemak sehat yang paling disarankan sebagai makanan ibu menyusui. Bunda bisa mendapatkan nutrisi lemak sehat lewat olahan ikan laut, kacang-kacangan, minyak zaitun serta buah alpukat. 

Sementara lemak jenuh atau lemak trans sebaiknya Bunda hindari selama menyusui seperti yang terdapat pada mentega, minyak kelapa sawit, krim, daging, dan susu berlemak (whole milk). 

4. Zat besi

Mengoptimalkan perkembangan otak bayi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan ibu menyusui yang kaya dengan kandungan zat besi. Bunda bisa menemukannya di cemilan pelancar ASI atau, jenis makanan lainnya seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau dan gandum utuh. Demi membantu penyerapan zat besi, Bunda bisa mengimbangi dengan konsumsi vitamin C.

5. Vitamin

Vitamin A, C, E, dan K, juga nggak boleh kelewatan nih dalam daftar list belanjaan Bunda. Soalnya, nutrisi dari empat vitamin ini juga memegang peranan penting untuk kesehatan serta kecerdasan ibu dan bayi. 

6. Kalsium

Makanan ibu menyusui lainnya yang disarankan adalah yang mengandung kalsium tinggi, seperti produk olahan susu dan sayuran hijau. Namun Bunda juga bisa mendapatkan sumber kalsium lain dari tahu, susu kedelai, jus, dan cemilan pelancar ASI seperti sereal yang sudah diberikan kalsium. 

Itulah enam jenis nutrisi makanan ibu menyusui untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Jangan lupa juga untuk selalu menyempatkan mengonsumsi suplemen Asifit untuk mempelancar ASI Bunda, ya!