Dukung ASI Eksklusif, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Saat Ibu Menyusui

Dukung ASI Eksklusif, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Saat Ibu Menyusui

July, 17 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Gerakan dukung ASI Eksklusif dengan menyusui langsung buah hati ternyata memiliki banyak manfaat tersembunyi. Bukan hanya untuk memberikan makanan pada bayi, tapi juga mampu membangun bonding serta naluri para ibu menyusui yang lebih peka saat anak dalam gendongan. 

Dari segi medis pun, kebutuhan nutrisi untuk bayi jelas akan terpenuhi 100%. Bahkan kemungkinan ASI mengalami kontaminasi sangat kecil, pun gerakan dukung ASI eksklusif bisa terlaksana dengan baik. Yuk Bun, ketahui lima manfaat tersembunyi saat Bunda menyusui langsung buah hati. 

  1. Kurangi risiko sindrom SIDS

Sudden Infant Death Syndrom (SIDS) atau yang lebih diketahui sebagai sindrom kematian mendadak pada bayi sehat di bawah usia satu tahun tanpa gejala apapun. Pemberian ASI eksklusif dipercaya banyak ahli dapat mengurangi risiko SIDS. Bahkan, pada sebuah studi yang dilakukan di Jerman pada 2009 lalu mengungkap aktivitas menyusui mampu menekan risiko bayi terkena sindrom SIDS hingga 50%. 

  1. Meningkatkan IQ bayi 

Sudah banyak penelitian yang menyatakan pemberian ASI eksklusif mampu meningkatkan IQ bayi. Hal ini tentunya didasarkan oleh kandungan DHA dalam ASI yang penting untuk perkembangan otak anak. Terlebih jika Bunda mengimbangi pola makan yang bergizi dengan protein tinggi. 

Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi rutin Asifit Kimia Farma setiap hari. Manfaat ekstrak daun katuk dalam Asifit Kimia Farma terbukti mampu memperlancar produksi ASI Bunda. 

  1. Alat kontrasepsi alami 

Pemberian ASI eksklusif ternyata bisa menjadi alat kontrasepsi alami. Prof. dr Biran Affandi, Sp.OG (K) dari Asia Pasific Council on Contraception (APCOC) Indonesia mengatakan menyusui bayi setidaknya 6 kali sehari selama 10 menit, Bunda sudah bisa ber-KB alami. 

Saat menyusui, otak kecil dari Bunda akan memproduksi hormon prolaktin lebih banyak yang mampu menekan ovulasi (masa subur) pada wanita. Jika Bunda melakukan aktivitas menyusui kurang dari satu jam, maka tidak ada jaminan Bunda tak hamil lagi.

  1. Menurunkan berbagai infeksi bayi

Lantaran ASI yang diberikan ibu menyusui langsung steril, infeksi pada bayi pun mampu ditekan. Sebuah studi yang dipublikasikan US National Library of Medicine mengungkap penyakit autoimun seperti tiroid hanya terjadi 12 persen pada bayi ASI eksklusif. 

Selain itu, perlindungan optimal yang berasal dari ASI juga efektif melawan pneumonia dan infeksi telinga. Wah, luar biasa banget ya, Bun!

  1. Membakar kalori

Usai melahirkan, Bunda pasti mendambakan bobot tubuh kembali normal. Tapi tahukah Bunda? Menyusui bayi langsung ternyata juga membantu membakar lebih banyak kalori karena kandungan glukosa dalam darah yang berperan sebagai suplai energi produksi ASI. Jadi menyusui buah hati sama dengan olahraga yang membakar kalori, lho Bun! 

Nah, itulah lima manfaat tersembunyi saat ibu menyusui langsung buah hati. Jadi nggak ragu lagi dan semakin semangat ya, Bun. Asifit Kimia Farma senantiasa dukung ASI eksklusif pada si Kecil!