Ini Lho Bun, Kandungan Ekstrak Daun Katuk yang Bikin ASI Lancar

Ini Lho Bun, Kandungan Ekstrak Daun Katuk yang Bikin ASI Lancar

July, 04 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Bunda pasti sudah tahu khasiat ekstrak daun katuk yang bikin ASI lancar, bukan? Yap, tanaman yang bernama latin Sauropus androgynus ini memang kaya manfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Bukan hanya untuk memperlancar ASI, manfaat ekstrak daun katuk lainnya adalah untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. 

Menurut riset para ahli, ekstrak daun katuk kaya dengan vitamin pro-vitamin A (betakaroten), B, C, dan K. Selain itu, tanaman yang tumbuh subur di daratan Asia Tenggara ini juga mengandung mineral seperti kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. 

Seorang konselor laktasi, dr Ameetha mengatakan, kandungan lainnya dari ekstrak daun katuk adalah steroid dan plifenol yang dipercaya dapat meningkatkan kadar prolaktin, di mana dikenal sebagai hormon pelancar ASI. Dengan kata lain, manfaat ekstrak daun katuk sudah tak terbantahkan untuk memperlacar ASI Bunda, ya. 

Penelitian dari International Conference on Food Engineering & Biotechnology, Journal of Sauropus Androgynus Leaf , juga telah membuktikan manfaat ekstrak daun katuk dalam meningkatkan kualitas produksi ASI hingga 50,7%. Ekstrak daun katuk juga terbukti kaya kandungan protein, serat, dan mineral yang membantu jaga daya tahan tubuh Bunda, lho. Apalagi kandungan vitamin C yang terkandung dari ekstrak daun katuk terbukti lebih tinggi dari jeruk atau jambu biji.  

Pada zaman dulu, ekstrak daun katuk biasa dicampurkan dalam sajian makanan ibu menyusui. Warna daunnya yang hijau memang sangat menarik dan lezat jika dihidangkan dalam bentuk sayur bening dengan jenis sayuran hijau lainnya seperti bayam. 

Asifit

Namun seiring berjalannya waktu, kini Ekstrak daun katuk telah hadir dalam bentuk yang lebih praktis dan bisa Bunda bawa ke mana pun. Asifit menawarkan manfaat ekstrak daun katuk alami dalam bentuk kapsul yang bisa Bunda konsumsi rutin setiap hari. 

1-2 kaplet Asifit sebanyak 3 kali sehari sudah bisa membantu Bunda memberikan nutrisi terbaik untuk si Kecil. ASI eksklusif yang Bunda idamkan kini tak akan lagi jadi masalah, ya!