Masih ASI Eksklusif? Ini Menu Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Masih ASI Eksklusif? Ini Menu Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

July, 05 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Usai melahirkan, Bunda pasti ingin segera menurunkan berat badan seperti semula. Namun, karena masih menjalani fase menyusui, Bunda tentu sangat mempertimbangkan asupan makanan dalam ASI eksklusif untuk si Kecil, ya. 

Menurut para ahli, ternyata nggak ada salahnya, lho, buat Bunda melakukan diet! Asalkan kebutuhan nutrisi ASI untuk si Kecil yang terkandung dalam makanan yang Bunda konsumsi tetap terpenuhi. 

Yuk, simak ragam menu diet sehat untuk ibu menyusui yang aman untuk Bunda dan si Kecil.

1. Beras merah

Bukan rahasia lagi, beras merah merupakan salah satu sumber kalori paling pas untuk orang diet terutama ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung dalam beras merah juga bisa mendukung produksi ASI Bunda agar lebih berkualitas. 

Beras merah juga mengandung serat yang baik untuk proses pencernaan dan berperan mencegah risiko penyakit usus. Kadar kolesterol juga semakin terjaga ketika Bunda mengonsumsi beras merah sebagai karbohidrat utama. 

2. Buah-buahan

Bagi ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan baik dalam bentuk buah segar atau jus sehari dua kali. Jeruk menjadi salah satu yang paling dianjurkan karena mengandung vitamin C dan mineral yang banyak. 

Selain itu, beberapa buah-buahan yang bisa menyokong kebutuhan ASI eksklusif bunda selama menyusui seperti stroberi, pepaya hijau, sawo, pisang, dan alpukat. 

3. Sayuran

Sayuran hijau juga nggak boleh ketinggalan, nih Bun dalam daftar belanja. Beberapa jenis sayuran yang dianjurkan seperti bayam, brokoli, selada, wortel, aspargus, dan tentunya daun katuk untuk mempelancar ASI. 

Bunda, kini telah hadir Asifit yang merangkum kebutuhan ibu menyusui dengan kandungan ekstrak daun katuk yang tinggi. Dengan meminum 1-2 kapsul Asifit sebanyak 3 kali sehari, Bunda tak perlu lagi khawatir dengan kebutuhan nutrisi si Kecil. 

4. Daging tanpa lemak

Diet bukan berarti Bunda menghindari makan daging, ya. Bunda bisa nih konsumsi daging tanpa lemak yang mengandung zat besi, protein serta vitamin B12 yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Sumber daging tanpa lemak meliputi daging ayam, sapi, dan ikan. 

5. Ikan Salmon

Ikan salmon diketahui kaya kandungan lemak DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan sistem syaraf bayi. Jenis ikan laut satu ini juga memberikan sumber energi baik untuk ibu menyusui.

6. Telur

Sumber protein yang mudah didapat lainnya adalah telur. Bunda bisa mengombinasikan beragam macam menu makanan dengan telur seperti salad atau tumis daging. 

7. Roti gandum dan biji-bijian

Sumber nutrisi dari gandum dan biji-bijian mengandung asam folat tinggi untuk kebutuhan produksi ASI. Zat besi dan serat yang tinggi juga memiliki manfaat besar untuk Bunda dan si Kecil.

8. Susu rendah lemak

Untuk melengkapi nutrisi, Bunda juga sebaiknya mengonsumsi minimal 600 cc susu rendah lemak setiap hari. Selain untuk kebutuhan kalsium Bunda, susu juga penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Yogurt dan keju merupakan produk olahan susu juga sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. 


Itulah ragam menu diet sehat untuk ibu menyusui yang bisa Bunda konsumsi. Jangan lupa untuk selalu mengimbangi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih, ya Bun. Kopi atau teh yang mengandung kafein tinggi juga mulai dibatasi. 

Idealnya, Bunda bisa menurunkan berat badan 0,5-1 kg per minggu karena hal itu sangat normal untuk ibu menyusui agar kebutuhan ASI eksklusif tidak terganggu. Selamat mencoba, ya Bun!