Yuk, Ketahui 5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Yuk, Ketahui 5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

July, 04 2019 | Regina | BREASTFEEDING

Menyusui menjadi fase yang menyenangkan sejak si Kecil hadir di dunia. Bunda juga pasti akan berusaha memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama si Kecil, ya. ASI yang menjadi makanan utama bayi nyatanya sangat berkaitan dengan makanan yang Bunda konsumsi, lho. 

Ada banyak mitos yang bertebaran tentang pantangan makanan ibu menyusui. Namun, Bunda baiknya jangan langsung percaya begitu saja tanpa menelaah kebenaran mitos tersebut, ya! Kendati begitu, Bunda harus pintar-pintar memilih makanan apa yang dikonsumsi. 

Dirangkum dari berbagai macam sumber, yuk simak lima makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui


1. Alkohol

Buat Bunda yang gemar minuman alkohol tampaknya kini harus mulai mengerem, ya. ASI yang mengandung alkohol akan membawa dampak buruk untuk tubuh si Kecil seperti mudah mengantuk, lemas serta peningkatan berat badan yang tidak normal.

Jika ibu menyusui terpaksa mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai atur kembali waktu pemberian ASI sekitar empat jam sebelum menyusui hingga kandungan alkohol itu benar-benar hilang. Selain itu, takaran alkohol juga sedikit saja ya, Bun. 

2. Kafein

Kopi dan teh sering disebut sebagai larangan makanan ibu menyusui. Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, lho Bunda. Dalam batas yang normal, minuman berkafein masih boleh dikonsumsi ibu menyusui. Untuk kopi dan teh sendiri sebaiknya hanya 200 mg per hari atau setara dengan dua cangkir kopi saja. 

Kafein yang terkandung dalam ASI memang dapat menggangu tidur bayi. Dampak lainnya yang mungkin akan timbul adalah si Kecil yang mudah rewel dan gelisah.

3. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Bunda penggemar sushi atau sashimi? Saat tengah dalam masa menyusui, sebaiknya Bunda mulai menghindari makanan khas Jepang itu, ya. Kandungan merkuri yang tinggi dalam ikan laut mentah memang akan mempengaruhi kesehatan Bunda dan si Kecil. 

Merkuri yang cukup tinggi terbukti akan mengurangi kualitas ASI ibu menyusui dan tentunya perkembangan otak pada bayi. Beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan makerel raja, ikan todak, tilefish, tuna, dan ekor kuning. 

Jika Bunda benar-benar penggemar seafood, sebaiknya mulai memasak makanan hingga matang, ya. 

4. Coklat

Coklat memang dikenal sebagai makanan yang bisa melepas stres. Namun sayangnya, untuk ibu menyusui, coklat tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena akan mempengaruhi kualitas ASI hingga menyebabkan si Kecil mudah buang air besar. 

Kandungan theobromine dalam coklat juga memiliki sifat mirip dengan kafein yang juga bisa bikin si Kecil lebih mudah cranky dan sulit tidur. Pastikan Bunda mengonsumsi coklat tidak lebih dari 750 gram per hari, ya. 

5. Pedas dan bersantan

Makanan ibu menyusui yang sebaiknya dihindari adalah jenis makanan pedas dan bersantan. Saluran pencernaan bayi yang belum sempurna memang belum bisa bersahabat dengan makanan yang terlalu pedas dan bersantan yang masuk melalui ASI Bunda. 

Nah, itulah lima makanan yang sebaiknya dihindari ibu menyusui. Selain pola makan yang sehat dan teratur, Bunda juga harus mengimbangi kebutuhan tubuh dengan suplemen pelancar ASI, Asifit. Dengan mengonsumsi 1-2 kaplet Asifit dalam tiga kali sehari, Bunda sudah tak perlu lagi merasa khawatir dengan ASI yang kurang lancar. Semoga berhasil, Bun!