5 Tips Nyaman Mudik untuk Ibu Menyusui, Yuk Terapkan!

5 Tips Nyaman Mudik untuk Ibu Menyusui, Yuk Terapkan!

July, 05 2019 | Regina | for DAD

Setiap Hari Raya, tradisi mudik seolah tak pernah lepas dari masyarakat Indonesia. Namun, ketika Bunda sudah memiliki buah hati pasti berpikir berkali-kali untuk memutuskan mudik. Apalagi si Kecil masih menyusui. Nah, di sinilah peran ayah dalam menyusui sangat dibutuhkan. 

Ya, Ayah harus bekerja sama dengan Bunda sebaik mungkin untuk mempersiapkan mudik ke kampung halaman.  Yuk, simak lima persiapan ibu menyusui sebelum mudik dengan si Kecil. 

1. Perhatikan barang bawaan

Membawa bayi saat perjalanan jauh memang membutuhkan persiapan yang matang. Tak jarang barang bawaan tiba-tiba membludak karena barang milik si Kecil. Meski barang milik si Kecil ini banyak, Bunda tetap harus mempertimbangkan mana barang yang perlu dan tidak untuk dibawa. Jangan malah jadi sia-sia membawa barang yang sebenarnya tak akan digunakan selama mudik. 

Persiapan ibu menyusui lainnya saat mudik yaitu jangan lupa untuk selalu membawa nursing apron, ya. Suplemen pelancar ASI Asifit juga jangan lupa selipkan di tas Bunda. Mudik nyaman, ASI lancar!


2. Jam keberangkatan sesuai jam tidur anak

Bagi Bunda yang mudik menggunakan moda transportasi pesawat, sebaiknya memilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan jam tidur anak. Hal ini untuk menghindari si Kecil yang rewel ketika dalam perjalanan. 

Namun, jika Bunda mudik menggunakan kendaraan pribadi atau kereta, mungkin bisa memilih alternatif waktu keberangkatan sore atau malam hari. Anak biasanya akan lebih mudah bosan dalam perjalanan yang terlalu panjang, jadi jika diselipkan dengan waktu tidurnya akan sangat membantu, lho Bun. 


3. Pakai baju yang nyaman

Persiapan ibu menyusui ketika mudik sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Dalam hal ini, tidak perlu Bunda memakai pakaian yang banyak pernik. Pilihlah baju yang mudah untuk ibu menyusui. Siapkan juga pakaian ganti di dalam tas untuk menjaga-jaga baju basah karena ASI. 


4. Pola makan dijaga 

Selama perjalanan mudik, Bunda nggak boleh melupakan pola makan, ya. Terutama kebutuhan cairan, hindari tubuh mengalami dehidrasi. Siapkan pula cemilan ibu menyusui yang bisa meningkatkan serta menjadi pelancar ASI selama perjalanan. Jangan tergoda untuk terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh, ya Bun!


5. Komunikasikan dengan ayah

Seperti yang disebutkan di atas, Ayah juga memiliki peranan besar dalam kesuksesan mudik bagi ibu menyusui. Peran ayah dalam menyusui selain dalam bentuk dukungan moril, juga dalam bentuk dukungan fisik. Nggak usah malu ya, Yah, buat bantu Bunda mencarikan tempat menyusui ketika berada di bandara, stasiun atau terminal. Atau Ayah juga bisa membawakan barang-barang yang dibutuhkan Bunda saat menyusui si Kecil. 

Sebelum berangkat, Ayah juga bisa, nih, membantu Bunda mempersiapkan segala keperluan si Kecil selama mudik. Karena bagaimana pun, Ayah dan Bunda adalah satu tim yang selalu mendukung satu sama lain untuk si Kecil. 


Nah, itulah lima persiapan ibu menyusui saat akan mudik yang bisa diterapkan Bunda sebelum bertolak ke kampung halaman. Selamat mudik dan bertemu sanak-saudara, ya.