Apa Manfaat Ayah Ikut Olahraga Ibu Hamil?

Apa Manfaat Ayah Ikut Olahraga Ibu Hamil?

November, 18 2019 | Regina | for DAD

Olahraga ibu hamil memang membawa banyak manfaat untuk calon ibu. Selain akan membuat tubuh bugar, beragam jenis olahraga untuk ibu hamil juga bisa membangun bonding antara ibu dan janin sejak dalam kandungan. 

Ternyata, menurut para ahli, Ayah juga disarankan mengikuti olahraga ibu hamil, lho! Mengapa demikian? Sebuah penelitian dalam Journal of Perinatal Education di Australia menyebut, olahraga untuk ibu hamil bisa menjadi awal bukti peran ayah dalam menyusui. 

Selain itu, para ayah yang mengikuti kelas kehamilan dan persalinan memiliki rasa percaya diri 88% lebih tinggi saat menghadapi momen kelahiran buah hati. Bahkan, sebanyak 73,5% calon Ayah akan merasa jauh siap untuk menjalani perannya sebagai Ayah hingga setahun setelah bayi lahir. 

Dengan kata lain, ASI eksklusif 6 bulan akan terwujud saat Ayah dan Ibu sama-sama siap dan percaya diri dengan hadirnya si Kecil. Buat ayah yang mau tahu tentang apa saja peran ayah dalam menyusui, silakan cek artikel pada link berikut ini

Sementara itu, ketika bayi belum lahir, Ayah bisa menempatkan peranannya saat olahraga ibu hamil yang dilakukan Bunda. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan Ayah ketika rutin menemani Bunda mengikuti olahraga ibu hamil:

  1. Memahami perannya sebagai suami, serta calon Ayah. 
  2. Menguatkan bonding, rasa percaya, serta keintiman dengan istri selama kehamilan. Yang secara tidak langsung juga bisa membangun bonding bersama janin dalam kandungan. 
  3. Bertemu Ayah lain untuk berbagi pengalaman dan saling belajar peran Ayah dalam menyusui dan membesarkan anak. 
  4. Melatih diri untuk lebih siap. Yap, mental calon Ayah juga harus diperhatikan sebelum menghadapi momen kelahiran si Kecil, karena Ayah juga bisa mengalami postpartum depression, lho!

Setelah mengetahui manfaat psikologis mengikuti olahraga ibu hamil, Ayah juga bisa, nih, mulai mempersiapkan persalinan Bunda baik dari segi finansial. Juga kebutuhan si Kecil sesaat setelah lahir ke dunia. 

Ya, apalagi kalau bukan ASI (Air Susu Ibu). Perlu diingat, Yah, kalau ASI Bunda wajar kurang lancar hingga sepekan setelah melahirkan. Namun, Ayah bisa menyarankan suplemen Asifit sebagai bentuk dukungan peran Ayah dalam menyusui.

Suplemen Asifit merupakan salah satu produk unggulan Kimia Farma sebagai booster ASI terbaik. Bahkan Asifit telah menerima Top Brand 2019. Suplemen Asifit mengandung manfaat alami ekstrak daun katuk yang terbukti meningkatkan produksi ASI Bunda. Selain itu, suplemen Asifit juga mengandung vitamin B kompleks untuk memelihara kebugaran tubuh selama menyusui. Yuk, wujudkan ASI eksklusif bersama Asifit! Beri semangat Bunda untuk mengASIhi, ya, Yah.