Booster Alami, Ayah ASI Harus Punya 5 Sifat Ini

Booster Alami, Ayah ASI Harus Punya 5 Sifat Ini

July, 17 2019 | Regina | for DAD

Setelah hamil dan melahirkan, Bunda masih harus berjuang menghadapi proses menyusui si Kecil. Peran ayah dalam menyusui ternyata sangat dibutuhkan, lho Bun! Ayah ASI merupakan istilah yang biasa digunakan bagi para Ayah yang berjuang untuk membantu Ibu dalam proses menyusui bayi. 

Selain suplemen pelancar ASI seperti Asifit Kimia Farma, kehadiran Ayah  memang dipercaya sebagai ASI booster alami paling ampuh untuk Bunda. Ayah dan Bunda harus bisa bekerja sama tim demi terwujudnya ASI eksklusif. Yuk, ketahui lima sifat yang seharusnya dimiliki oleh Ayah ASI.

1. Senantiasa mendukung

Menyusui bukanlah perkara mudah. Apalagi untuk para Bunda yang baru pertama kali menyusui, pasti kerap dilanda baby blues. Di sinilah peran ayah dalam menyusui sangat dibutuhkan untuk mempelancar produksi ASI. Ya, Ayah bisa selalu hadir untuk memberikan dukungan pada Bunda. Menghujani Bunda dengan kalimat semangat, pujian hingga penghargaan atas usahanya dukung ASI eksklusif untuk si Kecil. 

Dukungan harus diberikan Ayah bukan hanya pada awal menyusui saja lho, tapi terus berlanjut selama proses menyusui Bunda pada si Kecil. Sebagai ASI booster alami untuk Bunda,  Ayah mungkin bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa bikin Bunda bahagia dan bebas stres seperti memberikan kado atau nge-date romantis.

2. Memahami kondisi psikis Bunda

Setelah melahirkan, Bunda juga akan mengalami fluktuasi mood yang tak biasa. Nah, di fase inilah, Ayah harus lebih banyak bersabar dan mencoba untuk memahami kondisi psikis Bunda. Pada dasarnya Bunda hanya ingin Ayah selalu ada di masa transisi ini. Kendati sibuk dengan urusan kantor,  Ayah mungkin bisa mengusahakan pulang lebih cepat, ya!

3. Sering kontak dengan bayi

Ayah ASI juga harus lebih sering melakukan kontak langsung dengan bayi seperti menggendong, mengganti popok serta memandikan. Sssttt, walaupun suara Ayah tidak merdu, coba deh buat nyanyikan alunan menenangkan untuk si Kecil saat dalam gendongan. Hal ini akan menambah bonding Ayah dan bayi, lho. 

Asifit

4. Ikut cari informasi

Karena menyusui adalah kerja sama tim, Ayah mungkin bisa nih mulai membantu Bunda mencari informasi untuk suplemen pelancar ASI terbaik. Seperti Asifit Kimia Farma yang memiliki kandungan ekstrak daun katuk yang sangat bermanfaat untuk mempelancar produksi ASI Bunda. Juga jenis asupan makanan yang baik untuk Bunda konsumsi selama menyusui. 

5. Ambil cuti

Keberadaan Ayah sangat penting bagi Bunda dalam menghadapi masa-masa awal usai melahirkan. Setelah beberapa hari awal pasca si Kecil lahir, nggak ada salahnya kalau Ayah mengambil cuti tahunan lagi demi menemani Bunda. Quality time antara Bunda dan Ayah tentunya sangat berpengaruh pada kondisi psikis Bunda yang nantinya akan membuat ASI semakin lancar dan deras. 


Nah, jangan ragu lagi ya Yah buat jadi Ayah ASI! Peran ayah dalam menyusui memang Bunda benar-benar sangat dibutuhkan, lho. Selamat mencoba menjadi Ayah ASI, ya!