Ketahui Manfaat Pijat Pelancar ASI, Yuk Minta Bantuan Ayah di Rumah!

Ketahui Manfaat Pijat Pelancar ASI, Yuk Minta Bantuan Ayah di Rumah!

August, 30 2019 | Regina | for DAD

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para ibu menyusui adalah kurangnya pasokan ASI. Selain mengonsumsi suplemen pelancar ASI seperti Asifit yang kaya ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks, Bunda juga bisa melakukan pijat pelancar ASI atau yang lebih dikenal dengan pijat laktasi. 

Menurut para ahli, pijat pelancar ASI teruji mampu mencegah serta meredakan pembengkakan pada payudara. Jika dilakukan secara rutin, Bunda juga akan merasa jauh lebih rileks dan nyaman ketika menyusui si Kecil. Pikiran menjadi tenang dan stres pun berkurang karena istirahat yang cukup dan berkualitas. 

Tidak perlu repot-repot keluar rumah, Bunda ternyata bisa melakukan pijat pelancar ASI di rumah lho! Bahkan, Ayah juga bisa membantu sebagai bentuk peran ayah dalam menyusui. Yuk, Bun, ketahui cara pijat pelancar ASI yang baik dan benar. 

  1. Pastikan Bunda sudah mencuci tangan bersih sebelum melakukan pijat pelancar ASI.
  2. Siapkan minyak zaitun atau baby oil, yang kemudian oleskan pada payudara yang ingin dilakukan pemijatan. 
  3. Mulailah lakukan gerakan memijat maju mundur. Apabila Bunda sedang melakukan pijat pelancar ASI dengan tangan kanan maka gerakan ke arah kiri, begitu pun sebaliknya. Lakukan gerakan lembut ini hingga 20 kali sebelum ganti ke sisi payudara lain. 
  4. Gerakan naik turun kedua telapak tangan pada sisi payudara. Jika tangan kanan ke atas, maka tangan kiri kiri ke bawah. Pun sebaliknya. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali untuk satu sisi payudara. 
  5. Gerakan pijat pelancar ASI lainnya yaitu dengan mengangkat satu sisi payudara dengan tangan kiri, sementara tiga atau empat jari tangan lainnya melakukan gerakan melingkar di atas puting susu. Selain itu, lakukan juga gerakan melingkar pada puting susu sebanyak 20 kali. 
  6. Dan, gerakan yang pijat pelancar ASI yang tak kalah penting adalah memijat payudara dengan menggunakan jari-jemari dari bagian luar (samping payudara, di bawah ketiak dan belahan dada) menuju arah puting susu. Tak perlu terlalu banyak, ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali saja. Jangan lupa juga untuk menggunakan ujung ibu jari dan telunjuk untuk mempelintir pelan-pelan puting susu pada setiap sisi payudara. 

Selama melakukan pijat payudara, ASI mungkin akan keluar. Pada keadaan demikian, Bunda bisa memanfaatkannya dengan memompa ASI, tapi sebelumnya harus memastikan payudara bersih dari minyak zaitun atau baby oil sebelum menyusui si Kecil. 

Selain pijat laktasi, pijat oksitosin juga mampu mempelancar produksi ASI Bunda. Untuk pijat oksitosin, Bunda bisa meminta bantuan Ayah untuk memijat bagian punggung sepanjang tulang belakang. Seperti halnya pijat laktasi, pijat oksitosin juga membuat Bunda rileks dan terhindar stres. Buat cara lengkap dari pijat oksitosin, Bunda bisa baca lebih lanjut di sini. 

Pijat pelancar ASI maupun pijat oksitosin sama-sama membutukan kerjasama yang baik dengan Ayah sebagai bentuk peran ayah dalam menyusui. Mengonsumsi Asifit secara rutin juga semakin Bunda semakin bugar saat menyusui si Kecil. Apalagi kombinasi dari komposisi Asifit yang terdiri dari ekstrak daun katuk alami (114 mg), vitamin B1, vitamin B2, vitamin B16, dan vitamin B12. Yuk, sama-sama dukung gerakan ASI eksklusif 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian ASI 2 tahun dengan Asifit dari Kimia Farma.