Peran Ayah dalam Menyusui yang Bisa Dilakukan Saat LDM

Peran Ayah dalam Menyusui yang Bisa Dilakukan Saat LDM

September, 27 2019 | Regina | for DAD

Akhirnya….. Si Kecil hadir mewarnai kehidupan keluarga Bunda. Bunda yang selama ini terpisah dengan Ayah pun senang karena Ayah mengambil cuti yang cukup panjang untuk menemani Bunda selama persalinan dan awal menyusui si Kecil. Mungkin hal itu lah yang dirasakan para pejuang Long Distance Marriage (LDM). 

Yap, menjadi pasangan LDM bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan komitmen dan rasa saling percaya satu sama lain yang bisa membuat hubungan tetap hangat meski terpisah waktu. Waktu cuti yang diambil Ayah untuk Bunda melahirkan kadang membuat Bunda dilema karena harus kembali berpisah. Perasaan yang sama juga pasti dialami oleh Ayah. 

Kendati sulit, Bunda harus tetap kuat karena Ayah bisa kok ikut dukung ASI eksklusif 6 bulan Bunda untuk si Kecil meski terpaut jarak. Berikut Asifit berikan beberapa peran ayah dalam menyusui yang bisa dilakukan walau tengah melakukan Long Distance Marriage (LDM).

1. Intens komunikasi

Peran ayah dalam menyusui yang pertama bisa dilakukan adalah dengan menjaga intensitas komunikasi. Ayah secara rutin harus mengecek keadaan Bunda dan si Kecil. Nggak ada salahnya untuk curi-curi waktu sekadar video call atau telepon Bunda. Karena dengan begitu, Bunda akan merasa jauh lebih tenang karena tidak ada rasa seperti berjuang sendiri. Tanyakan kendala-kendala yang mungkin sedang Bunda hadapi. 

2. Mengingatkan nutrisi yang baik

Kendati terpisah jarak, peran ayah dalam menyusui bisa juga dengan senantiasa mengingatkan asupan nutrisi Bunda. Ayah bisa, lho, mencari-cari informasi di internet tentang jenis makanan yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Selain makanan, suplemen untuk dukung ASI eksklusif juga dibutuhkan Bunda seperti Asifit pelancar ASI

Asifit pelancar ASI mengandung ekstrak daun katuk alami serta vitamin B kompleks yang teruji klinis mampu meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI serta menjaga kebugaran tubuh. Asifit pelancar ASI juga sudah berhasil menjadi Top Brand 2019 dan telah dipercaya oleh banyak ibu menyusui di Indonesia untuk dukung ASI eksklusif.

3. Beri kejutan sederhana

Sudah rahasia umum jika wanita suka dengan kejutan. Sesekali boleh, lho, Ayah beri Bunda kejutan kecil seperti mengirimkan makanan kesukaannya. Karena kunci dari ibu menyusui adalah perasaan bahagia dan tidak stress. Jika Bunda sudah merasa bahagia, maka ASI pun akan mengalir lancar.  

4. Ambil cuti lagi 

Karena momen awal ibu menyusui sangat rentan terkena postpartum depression, peran ayah dalam menyusui lainnya yang bisa Ayah lakukan adalah dengan mengambil cuti lagi. Yap, tunjukan keberadaan Ayah untuk Bunda dan si Kecil. Buat Bunda merasa bahagia dengan kehadiran Ayah walau hanya sebentar, namun hal tersebut tentunya akan sangat bermakna untuk Bunda. 


Perlu diingat, jika keberhasilan ASI eksklusif tidak hanya dari faktor ibu saja, tapi juga dukungan dari lingkungan terutama Ayah sebagai partner hidup Bunda dalam membesarkan si Kecil. Peran-peran ayah dalam menyusui di atas mungkin bisa diterapkan untuk Bunda dan Ayah yang sedang mengalami Long Distance Marriage (LDM). Tetap semangat memberikan yang terbaik untuk si Kecil, ya Bunda & Ayah.