Peran Ayah untuk Bentuk Kecerdasan Anak Sejak Dini

Peran Ayah untuk Bentuk Kecerdasan Anak Sejak Dini

October, 29 2019 | Regina | for DAD

Sebelumnya, Asifit telah membahas beberapa peran Ayah dalam menyusui. Keberadaan Ayah memang sangat penting dalam dukung ASI eksklusif, bahkan dilanjutkan hingga ASI dua tahun. Ayah adalah partner terbaik Bunda dalam membesarkan serta memberikan kasih untuk si Kecil. Berlanjut dari peran Ayah dalam menyusui tersebut, Ayah juga memiliki peranan penting dalam membentuk kecerdasan anak sejak dini. 

Kendati tingkat kecerdasan (IQ) seseorang memang lebih besar dipengaruhi oleh faktor genetik, terutama ibu-- berdasarkan riset para ilmuwan, namun Ayah juga memiliki peranan yang cukup besar bahkan dimulai sejak interaksi pertamanya dengan bayi di awal kehidupan. Peran ayah dalam menyusui ternyata mempengaruhi kecerdasan anak lewat interaksinya dengan bayi. 

Hal itu berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Imperial College London terhadap ayah yang ikut mengurus anak dan memiliki interaksi yang positif dengan bayi mampu meningkatkan perkembangan kecerdasan anak sejak dini. Adapun interaksi positif yang dimaksud yaitu memberikan perhatian pada bayinya seperti mengajak berbicara, bernyanyi serta membacakan dongeng sebelum si Kecil tertidur. 

“Jelas pesan dari studi ini jika ayah yang memiliki bayi harus aktif dalam berinteraksi. Walaupun masih bayi, bermain ternyata mempengaruhi kecerdasan bayi,” ungkap Paul Ramchandani, perwakilan studi. 

Pakar psikologi PBKP Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Agustina, M.Psi., menambahkan peran ayah zaman dulu dan sekarang sangat berbeda. Pendidikan yang semakin tinggi membuat Ayah mengambil peranan yang cukup besar dalam menciptakan anak cerdas sejak dini. Seperti para Ayah yang mulai sadar untuk dukung ASI eksklusif dan kesadaran pada peran Ayah dalam menyusui, tak hanya untuk si kecil, tapi juga untuk Bunda. 

Yap, salah satu peran Ayah dalam menyusui seperti ikut memberikan asupan terbaik untuk Bunda juga tak kalah pentingnya. Karena kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh nutrisi baik yang Bunda konsumsi lewat ASI. Terkadang, Bunda mengalami masalah pada ASI yang kurang lancar. Ayah sebagai partner Bunda bisa membantu mencarikan informasi tentang suplemen yang bisa meningkatkan produksi ASI, seperti Asifit

Diproduksi oleh Kimia Farma, Asifit mengandung komposisi seperti ekstrak daun katuk alami dan vitamin B kompleks yang bisa membuat ASI lancar dan tubuh ibu bugar. Kemasan Asifit yang praktis membuatnya mudah untuk dibawa ke manapun. Bunda bisa konsumsi Asifit setiap hari sesudah makan sebanyak 2-3 kaplet. 

Yuk, Bun, ajak Ayah memberikan yang terbaik untuk si Kecil mulai sekarang. Anak yang cerdas bermula dari orangtua yang cerdas pula. Bersama Asifit, kita dukung ASI Eksklusif untuk anak cerdas Indonesia. 

Karena Asifit menjaga kasih Ibu. Asifit juga senantiasa melakukan parent session di berbagai kota besar di Indonesia guna mendukung ASI eksklusif yang digalakan Pemerintah.