7 Makanan Ibu Menyusui Agar ASI Cepat Keluar

7 Makanan Ibu Menyusui Agar ASI Cepat Keluar

April, 29 2019 | Regina | for DAD

Bunda tentu sudah tahu bahwa enam bulan awal kehidupan si Kecil, ia membutuhkan asupan ASI yang cukup banyak. Sebagai satu-satunya sumber makanan untuk si Kecil, kelancaran ASI seringkali menjadi perhatian utama. Perasaan waswas pun kerap kali timbul di benak Bunda. Apalagi kalau persediaan ASI Bunda tidak bertemu dengan kebutuhan si Kecil. Wah, Bunda pasti bakal uring-uringan, deh. Alhasil, muncullah pertanyaan seperti, “Bagaimana cara agar ASI cepat keluar?” Ya, kan, Bun?

Ketika mengalami hal seperti di atas, kunci utamanya adalah jangan terlalu larut uring-uringan, karena bakal membuat produksi ASI Bunda terhambat. Bunda tentu tidak mau si Kecil kekurangan ASI, kan? Selain itu, Bunda juga mesti minta bantuan Ayah dalam dukung ASI eksklusif. Misalnya, minta Ayah menyediakan makanan ibu menyusui, Bun.

Yuk, ajak Ayah baca artikel satu ini agar ia tahu apa saja yang termasuk dalam daftar  makanan ibu menyusui!

1. Ikan Salmon

Untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI ikan salmon bisa menjadi pilihan Bunda, nih. Merupakan salah satu sumber DHA yang baik, ikan salmon juga dapat membantu perkembangan sistem saraf si Kecil, lho. Ikan salmon juga dapat menjadi alternatif sumber protein yang baik apabila Bunda kurang suka mengonsumsi susu.

2. Chia Seeds

Termasuk dalam jajaran superfood, chia seeds, sebagai sumber lemak Omega-3, dapat membantu Bunda meningkatkan metabolisme dan suplai ASI. Cara mengonsumsinya mudah, Bun. Rendam chia seeds semalaman, lalu Bunda bisa mencampurnya ke dalam smoothies saat sarapan keesokan harinya. Bunda juga bisa mencampurkan langsung ke dalam salad sayur atau segelas susu.

3. Sayuran hijau

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dapat membuat suplai ASI menurun. Agar hal tersebut tidak terjadi kepada Bunda, yuk, tingkatkan kadar zat besi pada tubuh dengan mengonsumsi sayuran hijau! Akan lebih baik lagi apabila warna sayurannya adalah hijau tua, Bun.

Selain bayam, brokoli, kangkung, daun sawi, dan daun singkong, Bunda juga bisa mengonsumsi daun katuk yang terbukti dapat memperlancar dan memperbanyak suplai ASI.

Agar lebih mudah, Bunda bisa langsung mengonsumsi Asifit, yaitu suplemen pelancar ASI yang terbuat dari ekstrak daun katuk. Konsumsi Asifit pelancar ASI 3x sehari sebanyak 1-2 kaplet, ya, Bun. 

4. Yogurt


Sebagai sumber probiotik yang kehebatannya tidak perlu dipertanyakan lagi, yogurt juga dapat membantu meningkatkan suplai ASI, berkat kandungan kalsium dan protein yang dimilikinya. Mengonsumsi yogurt secara rutin dan teratur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta sistem pencernaan Bunda, lho. Yuk, konsumsi yogurt secara langsung atau campurkan ke salad buah!

5. Buah Jeruk

Buah berwarna oranye ini penting dikonsumsi Bunda menyusui. Mengapa? Ketika menyusui, Bunda memerlukan energi yang cukup banyak, dan buah jeruk dapat membantu Bunda meningkatkan energi tubuh. Kalau bosan memakannya secara langsung, Bunda bisa mengubahnya menjadi jus jeruk yang segar tanpa gula, lho.

6. Buah Alpukat

Memiliki kandungan asam folat yang tinggi, bertekstur creamy, dan mengandung Vitamin E, buah alpukat merupakan salah satu makanan ibu menyusui yang perlu Bunda konsumsi. Jangan takut terhadap kandungan lemaknya yang cukup tinggi, Bun. Kandungan lemak pada buah alpukat adalah lemak baik, yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Bunda.

Selain Vitamin E, Bunda juga harus senantiasa mengonsumsi Vitamin B agar selalu bugar. Asifit diformulasikan dengan kandungan Vitamin B kompleks yang membuat kondisi Bunda selalu bugar agar ASI yang dihasilkan berkualitas tinggi untuk kesehatan si buah hati. 

7. Kacang Almond

Tingkatkan produksi ASI Bunda dengan mengonsumsi kacang almond! Seperti chia seeds, kacang almond juga termasuk dalam jajaran superfood, lho, Bun. Para ahli pun mengatakan bahwa kacang almond adalah sumber makanan terbaik dalam merangsang produksi ASI secara alami.

Itulah 7 makanan ibu menyusui untuk dukung ASI eksklusif. Pastikan ketujuh makanan di atas masuk dalam daftar belanja, ya, Bun!