Taukah Ayah, bahwa Jalan-jalan Keluarga Sebagai Bentuk Peran Ayah dalam Menyusui lho!

Taukah Ayah, bahwa Jalan-jalan Keluarga Sebagai Bentuk Peran Ayah dalam Menyusui lho!

January, 03 2019 | editor 2 | for DAD

Salah satu cara untuk menjaga produksi ASI Bunda tetap lancar, selain mengonsumsi makanan bernutrisi, adalah dengan mendapatkan dukungan dari Ayah. Yup! Sebuah penelitian membuktikan bahwa dari sekitar 115 ribu Ayah yang tidak memberikan dukungan saat Bunda sedang menyusui, keberhasilan Bunda menyusui hanya sebesar 26,9%. Sedangkan Ayah yang selalu memberi dukungan kepada Bunda menyusui, membantu keberhasilan menyusui hingga 98,1%. (Clinped 94)

Peran Ayah dalam menyusui banyak bentuknya, Bun. Mulai dari membantu tugas rumah tangga, menyiapkan kebutuhan Bunda dan si Kecil, menjaga si Kecil saat Bunda sedang melakukan aktivitas lain hingga memastikan asupan gizi Bunda terpenuhi.

Tapi, masih ada peran Ayah dalam menyusui lainnya yang dapat dilakukan oleh Ayah, nih, yaitu mengajak Bunda jalan-jalan! Hmmm…. Ke mana, ya? Berikut daftar destinasi liburan dari Asifit yang dapat Bunda berikan ke Ayah.


1. Ubud, Bali

Keindahan Pulau Dewata tidak hanya terletak pada pantainya saja, Bun, tapi juga pada hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata. Salah satu area yang dapat Bunda kunjungi bersama Ayah dan si Kecil adalah Ubud yang terkenal dengan sistem terasiring atau sengkedannya.

Bunda dapat meminta Ayah untuk memilih penginapan yang langsung memiliki pemandangan sawah agar tiap pagi mata Bunda dimanjakan oleh keindahan warna hijau. Selain itu, banyak sekali point of interest yang dapat Bunda kunjungi sekeluarga, misalnya seperti Sacred Monkey Forest dan berbagai pura yang kerap mengadakan pertunjukan tari tradisional Bali.


2. Bandung, Jawa Barat

Kalau Bunda dan Ayah hanya memiliki sedikit waktu untuk berlibur tapi tetap ingin menyempatkan diri untuk liburan, Bandung bisa jadi destinasi pilihan Bunda dan Ayah. Kota Kembang memang tidak akan pernah mengecewakan, Bun! Staycation atau kulineran bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Bunda, Ayah, dan si Kecil mengunjungi Bandung.

Meski hiruk-pikuknya mungkin hampir sama dengan Ibukota, namun udara dingin Bandung tentu akan menciptakan pengalaman tersendiri bagi Bunda sekeluarga. Seru!


3. Yogyakarta, DI Yogyakarta

Mau memiliki pengalaman kuliner yang luar biasa? Yogyakarta jawabannya, Bun! Mulai dari gudeg, bakmi jawa, sate klathak, sego kucing hingga kopi arang (kalau Bunda dan Ayah masih kuat kulineran malam hari saja, ya) bisa Bunda dan Ayah temukan di Yogyakarta.

Bunda dan Ayah juga bisa mengenalkan si Kecil kepada sejarah keraton, lho. Yah, meskipun si Kecil belum tentu mengerti, tapi tidak ada salahnya mengenalkannya kepada si Kecil sejak dini. Oh ya, Bunda dan Ayah juga bisa mengajak si Kecil naik becak! Si Kecil pasti akan menyukainya, nih, Bun.


4. Medan, Sumatera Utara

Jika ingin liburan yang sedikit lebih jauh, Medan bisa menjadi destinasi pilihan. Mungkin Bunda akan bertanya-tanya “Ada apa, ya, di Medan?” kalau Ayah mengajukan pilihan ini. Jangan bingung, Bun. Banyak sekali yang bisa Bunda lakukan di Medan, dan yang terutama sudah pasti adalah….KULINER! Makanan khas Medan terkenal dengan kelezatannya, lho, Bun. Atau Bunda, Ayah, dan si Kecil juga bisa mengunjungi Danau Toba yang sempat menjadi salah satu keajaiban dunia.

Saat ingin pulang kembali ke rumah, jangan lupa untuk membawa bolu meranti yang super lezat dan lembut, ya!


5. Bogor, Jawa Barat

Destinasi terakhir yang dapat Bunda, Ayah, dan si Kecil kunjungi paling cepat dan mudah adalah Kota Bogor! Hanya 1 hingga 1 setengah jam perjalanan dari Jakarta, Bunda sekeluarga sudah keluar kota dan masuk ke kota yang sering diguyur hujan. Di Bogor, Bunda juga bisa kulineran, mengunjungi Kebun Raya Bogor, atau sekadar staycation sambil menikmati fasilitas hotel. Seru, kan?

Apabila kelima destinasi ini diajukan oleh Ayah sebagai bentuk peran Ayah dalam menyusui, destinasi mana yang akan Bunda pilih?

Oh ya, Bun. Ke mana pun Bunda sekeluarga pergi liburan, pastikan untuk selalu membawa suplemen makanan sekaligus vitamin pelancar ASI seperti Asifit, ya. Vitamin tersebut juga dapat membantu memperlancar produksi ASI dan membuat Bunda Fit selama menyusui, lho.