Tak Cuma Bunda, Ayah Juga Bisa Alami Postpartum Depression Lho

Tak Cuma Bunda, Ayah Juga Bisa Alami Postpartum Depression Lho

July, 17 2019 | Regina | for DAD

Bunda pasti pernah mendengar istilah postpartum depression dan baby blues, bukan? Meski sama-sama merupakan gejala kesedihan usai melahirkan, postpartum depression dan baby blues ternyata berbeda, lho Bun. 

Menurut penelitian, baby blues biasa dialami sekitar dua pekan setelah melahirkan, sementara postpartum depression lebih lama lagi hingga berbulan-bulan dan bisa berpengaruh pada aktivitas sosial. Jika selama ini kita mengetahui dua hal tersebut hanya dialami oleh ibu usai melahirkan, ternyata ayah juga bisa, lho, mengalami postpartum depression!

Ya, rasa cemas, gelisah, stres hingga depresi juga bisa dirasakan Ayah usai Bunda melahirkan si Kecil. Hanya saja, perubahan mood yang dialami Ayah tidak terlalu fluktuatif seperti yang Bunda alami. Tapi tetap saja, hal ini ini tidak bisa dianggap sepele. 

Peran ayah dalam menyusui sangatlah penting. Ayah adalah partner terbaik Bunda dalam mengurus si Kecil. Jadi, baik Bunda maupun Ayah harus tetap sama-sama menjaga kondisi fisik dan psikis yang baik untuk mengurus buah hati. 

Nggak ada salahnya kalau Ayah mengambil cuti yang lebih lama lagi saat awal kehadiran si Kecil. Karena pola tidur si Kecil yang belum teratur membuat Ayah tentu kekurangan istirahat, apalagi ditambah dengan beban bekerja di kantor yang meletihkan. 

Postpartum depression ini sendiri memiliki dampak buruk bagi kondisi fisik seperti masalah organ hati, diabetes hingga sulit berkonsentrasi. Peran ayah dalam menyusui tentunya tak akan tercapai dengan baik ketika masalah fisik dan psikis datang. 

Baik Ayah dan Bunda juga bisa melakukan 'me time' di sela-sela mengurus buah hati. Tiap kali rasa bersalah itu muncul, maka tanamkan pada diri Anda jika hal tersebut bukan kesalahan Anda seluruhnya. Pikiran yang positif memang akan berdampak pada kondisi psikis yang lebih baik hingga mengurangi gejala postpartum depression.

Asifit 

Menjaga pola makan dan olahraga teratur juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar postpartum depression tidak berlarut. Bagi Bunda, boleh nih mengonsumsi vitamin pelancar ASI, Asifit, yang dapat mendukung produktivitas ASI eksklusif Bunda untuk buah hati. 

1-2 kapsul Asifit setiap hari, Bunda aka lebih bugar dalam memberikan yang terbaik pada si Kecil. Kandungan ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks dalam Asifit mampu membuat Bunda fit setiap hari.