5 Camilan Pelancar ASI yang Perlu Dipersiapkan Ibu Hamil

5 Camilan Pelancar ASI yang Perlu Dipersiapkan Ibu Hamil

November, 21 2018 | editor 2 | PREGNANCY

5 Camilan Pelancar ASI yang Perlu Dipersiapkan Ibu Hamil

Produksi ASI yang lancar merupakan dambaan setiap Ibu Hamil bukan, Bunda? Tentu Bunda ingin memberikan ASI eksklusif yang dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan secara optimal selama minimal 6 bulan kehidupan ‘emas’ awal Si Kecil. Untuk memberikan gizi terbaik bagi Si Kecil melalui ASI, Bunda pun juga harus mengkonsumsi vitamin pelancar ASI dan makanan sehat yang dapat memicu lancarnya produksi ASI.

Salah satu vitamin pelancar ASI yang telah terbukti aman untuk dikonsumsi ibu hamil adalah Asifit pelancar ASI. Asifit pelancar ASI merupakan suplemen yang terdiri dari bahan alam serta terbuat dari ekstrak daun katuk yang berfungsi untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI Bunda secara alami.

Lalu, apakah Bunda tahu bahwa ada camilan pelancar ASI yang enak dan mudah didapatkan? Yuk, simak sampai habis yaa beberapa ide menarik untuk Bunda di bawah ini…

1. Susu Almond Pelancar ASI

Susu almond pelancar ASI merupakan salah satu susu nabati yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Almond sering disebut sebagai superfood karena mengandung banyak nutrisi dan gizi, seperti memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam bentuk vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit Si Kecil saat masih dalam kandungan. Lalu, kandungan asam folat dan vitamin B9 yang membantu peningkatan sistem kerja saraf pada janin saat masih dalam kandungan. Selain itu, kandungan mangan yang terkandung pada almond akan membuat metabolisme Bunda semakin optimal.

2. Edamame

Bunda, salah satu penyebab produksi ASI berkurang adalah karena kurangnya asupan protein yang dikonsumsi. Bunda perlu memenuhi kebutuhan protein harian hingga 65 gram apabila ingin proses menyusui berjalan dengan lancar. Edamame bisa menjadi alternatif camilan pelancar ASI kaya akan protein nabati yang mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jangan lupa direbus terlebih dahulu ya, Bunda.

3. Pepaya 

Camilan pelancar ASI yang satu ini sangat mudah untuk Bunda dapatkan, yakni, buah pepaya. Buah pepaya termasuk kedalam kategori makanan yang dapat memperbanyak ASI bagi Si Kecil karena ia memiliki kandungan 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dibanding jeruk. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Kekurangan kalium berpotensi terkena depresi, membuat tubuh cepat lelah dan perubahan mood, seperti stres. Jangan lupa selingi juga dengan minum Asifit pelancar ASI 1-2 kaplet 3x sehari untuk membantu kualitas dan kuantitas ASI semakin lancar ya, Bunda.

4. Semangka 

Pada saat menyusui Si Kecil nanti, kebutuhan vitamin A Bunda akan menjadi satu setengah kali lipat lebih banyak daripada perempuan yang tidak menyusui, lho. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh karena menyusui, Bunda dapat menyeimbangkan kadar air yang tinggi dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya vitamin A dan C, kalium, asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Yuk, minum jus semangka sebagai camilan pelancar ASI di sore hari supaya makin rileks.

5. Oatmeal

Camilan pelancar ASI terakhir tidak kalah lezat, yaitu, Oatmeal. Konsumsi Oatmeal dicampur dengan potongan buah segar dapat menstabilkan gula dalam darah pada Bunda saat menyusui karena memiliki serat yang tinggi. Kandungan proteinnya bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh saat menyusui dari serangan bakteri yang mempengaruhi ASI. Oatmeal juga mempunyai kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kualitas ASI serta memicu hormon oxytocin. Hormon ini berpengaruh terhadap kelancaran produksi ASI untuk Si Kecil.

Nah, semoga artikel mengenai camilan pelancar ASI ini bermanfaat untuk Bunda, ya. Jangan lupa optimalkan juga produksi ASI Bunda dengan rajin mengonsumsi vitamin dari Asifit pelancar ASI supaya produksi ASI Bunda tetap lancar dan tidak bikin stres.