5 Olahraga Ibu Hamil untuk Memperlancar Persalinan

5 Olahraga Ibu Hamil untuk Memperlancar Persalinan

July, 17 2019 | Regina | PREGNANCY

Bukan hanya pola makan saja yang harus dijaga para ibu hamil, tapi juga kebugaran tubuh agar proses persalinan buah hati kelak berjalan lancar. Olahraga ibu hamil menjadi hal yang tak boleh dilewatkan agar Bunda dan si Kecil yang berada dalam kandungan tetap sehat. 

Seperti dilansir Pregnancy Related, setidaknya ada lima jenis olahraga ibu hamil yang bisa memperlancar persalinan normal. Tak perlu khawatir, karena olahraga ibu hamil berikut ini bisa Bunda lakukan di rumah, lho. 

1. Squatting

Bunda pasti sudah tahu ‘kan, kalau squatting atau berjongkok lalu berdiri dapat menguatkan otot panggul? Ya, olahraga ibu hamil yang satu ini memang bisa mendorong bayi agar turun lebih rendah dan siap melalui persalinan normal. 

Asifit menyarankan Bunda agar melakukan squatting lebih sering saat mendekati waktu perkiraan buah hati lahir. Gerakan squatting bisa Bunda lakukan selama 10-20 menit sehari, ya.

2. Berjalan kaki

Meski terlihat simpel, berjalan kaki ternyata bisa membantu proses persalinan normal, lho. Yap, olahraga ibu hamil ini bisa membuat bayi dalam posisi ideal, asalkan Bunda berjalan dengan posisi tegak, ya. 

Jangan lupa juga Bunda tetap minum air putih yang cukup, serta mengonsumsi suplemen pelancar ASI seperti Asifit. Cukup 1-2 kapsul Asifit untuk mempersiapkan ASI Bunda lancar saat si Kecil lahir.

3. Pelvic Tilt

Olahraga ibu hamil lainnya yang bisa Bunda lakukan di rumah adalah pelvic tilt. Pertama-tama, Bunda bisa berbaring di atas matras dan tekuk lutut sambil telapak kaki menginjak lantai. Lalu, Bunda perlahan bisa mengangkat panggul. Lakukan ini selama 5-10 menit setiap hari, ya Bun. 

Pelvic tilt sendiri merupakan olahraga ibu hamil yang bisa membantu mengencangkan otot, serta menjaga sendi panggul tetap longgar agar bayi dapat berada di posisi terbaik untuk lahir. 

4. Sitting and leaning

Jenis olahraga ibu hamil lainnya yang dapat membantu memperlancar persalinan normal adalah duduk dan mencondongkan tubuh di atas bola. Menurut para ahli, cara ini mampu menstabilkan posisi panggul dan mendorong rahim keluar agar bayi mudah lahir. Bunda bisa, lho, meminta bantuan ayah untuk olahraga ibu hamil yang satu ini. 

5. Lunges

Bunda pasti sudah tahu ‘kan kalau yoga bisa memperlancar proses persalinan normal? Biasanya, pihak rumah sakit akan membuat kelas yoga khusus untuk para ibu hamil yang memasuki trimester ketiga. 

Salah satu gerakan yoga yang memiliki banyak manfaat dalam memperluas jalan bayi keluar adalah lunges. Bunda hanya perlu menempatkan satu kaki ke depan dengan satu kaki lainnya ke belakang dengan posisi lutut ditekuk. 

Lunges juga dipercaya dapat membantu sendi rahim tidak bengkok. Sebaiknya, Bunda melakukan gerakan lunges selama 30 detik dengan mengulanginya 3-5 kali dalam sehari. 


Nah, itu dia lima jenis olahraga ibu hamil yang bisa memperlancar persalinan normal dan Bunda lakukan di rumah. Menyambut kelahiran si Kecil, kini nggak ada salahnya juga buat Bunda konsumsi Asifit yang kaya ekstrak daun katuk dan vitamin B kompleks.

Selamat berbahagia menyambut si Kecil, ya Bun.