6 Perkembangan Janin yang Menakjubkan pada Trimester Dua

6 Perkembangan Janin yang Menakjubkan pada Trimester Dua

July, 05 2019 | Regina | PREGNANCY

Memasuki trimester kedua kehamilan, perkembangan janin akan terasa sangat menakjubkan. Bunda sudah bisa mengetahui jenis kelamin dari si Kecil melalui tes USG karena anggota tubuhnya yang mulai berkembang pesat pada usia kehamilan minggu ke-13 hingga 27 ini.

Dalam trimester kedua kehamilan, Bunda juga sudah tidak merasakan mual dan muntah terlalu sering. Namun, Bunda tetap harus memperhatikan asupan bergizi untuk perkembangan janin, ya! Mengonsumsi suplemen pelancar ASI, Asifit Kimia Farma, bisa menjadi salah satu pertimbangan Bunda. Kandungan ekstrak daun katuk dalam Asifit Kimia Farma memang membantu nutrisi persiapan ibu menyusui serta perkembangan janin dalam kandungan, lho Bun. 

Sambil menanti kehadiran si Kecil, yuk Bun, ketahui enam perkembangan janin yang menakjubkan pada trimester dua kehamilan. 

1. Perkembangan organ kelamin

Seperti yang disebut sebelumnya, Bunda sudah mulai bisa, nih, mengetahui jenis kelamin dari janin. Selain tulang yang semakin sempurna, perkembangan janin pada bulan keempat ini juga akan memperlihatkan perkembangan awal organ kelamin. Bagi janin laki-laki, prostat sudah mulai terlihat, sementara untuk janin perempuan sudah menampakan folikel dalam ovarium. 

2. Organ tubuh mulai tumbuh dan bekerja

Beberapa organ tubuh janin akan mulai tumbuh pada bulan keempat kehamilan seperti alis, bulu mata, leher, dan kuku. Selain itu, anggota tubuh dari si Kecil seperti lengan dan kaki sudah mulai dapat menekuk serta organ ginjal sudah mulai menghasilkan urine. Yang lebih mengejutkan dari perkembangan janin sudah mulai bisa menelan dan mendengar. 

3. Janin mulai aktif bergerak 

Perkembangan organ tubuh yang pesat pula membuat janin mulai aktif bergerak. Namun, Bunda tak perlu khawatir ketika si Kecil tiba-tiba tidak melakukan pergerakan sama sekali, karena janin pada trimester kedua memiliki siklus pola tidur dan bagun yang cukup teratur.  

Karena pergerakannya yang aktif pula, lapisan vernix dan rambut tipis sudah mulai menutupi untuk melindungi kulit janin yang masih tipis dan berkembang. Bunda juga sudah bisa merasakan lho kaki si Kecil menendang perut. Wah, bikin makin nggak sabar ya, Bun!

4. Perkembangan mata 

Perkembangan janin pada trimester kedua kehamilan juga memperlihatkan kelopak mata janin yang mulai terbentuk jelas. Saat Bunda melakukan USG, Bunda dan Ayah juga sudah bisa melihat si Kecil membuka mata. 

5. Perkembangan otak 

Selain organ tubuh, perkembangan otak janin juga semakin berkembang pesat. Proses mielinisasi akan terjadi, di mana proses pelapisan sel-sel saraf otak dengan lemak yang disebut mielin. Maka tak ada salahnya kalau Bunda memberikan tambahan asupan dari luar seperti meminum suplemen pelancar ASI, Asifit Kimia Farma, yang mengandung ekstrak daun katuk yang juga memiliki manfaat untuk perkembangan janin. 

6. Mulai menerima rangsangan 

Perkembangan otak tersebut pula membuat si Kecil sudah mulai bisa menerima rangsangan dari luar seperti mendengar suara. Ketika denyut nadi si Kecil meningkat, itu tandanya dia menanggapi rangsangan tersebut. Bunda dan Ayah kini bisa sering-sering komunikasi, nih, dengan si Kecil. 


Nah, itulah enam perkembangan janin yang menakjubkan di trimester kedua kehamilan Bunda. Pada akhir trimester kedua, bobot serta panjang si Kecil biasanya akan berkembang pesat yang umumnya panjang 360 milimeter dan berat badan 875 gram. 

Jangan lupa buat konsumsi suplemen pelancar ASI, Asifit Kimia Farma, juga ya, Bun, agar nanti semakin siap saat buah hati lahir.