8 Benda Wajib Untuk Newborn Baby

8 Benda Wajib Untuk Newborn Baby

November, 21 2018 | editor 2 | PREGNANCY

Masuk trimester akhir pasti Bunda sudah tidak sabar untuk segera bertemu sang bayi lahir. Pada trimester ketiga ini, perkembangan bayi di dalam perut mendekati sempurna. Si Kecil sedang mempersiapkan organ-organnya untuk bekerja sendiri ketika lahir ke dunia. Secara fisik, si Kecil sudah sempurna, tinggal tunggu waktu untuk lahir ke dunia, nih, Bun!

Sebelum bayi lahir, tidak ada salahnya Bunda mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Tidak perlu terlalu banyak, karena kebutuhan si Kecil selama tiga bulan pertama, hanya menyusu saja. Tapi, alangkah baiknya Bunda sudah menyiapkan catatan list belanja bayi ini untuk mulai dilengkapi sejak usia kandungan menginjak tujuh bulan agar suatu saat bayi lahir kapan saja, Bunda sudah menyiapkan kebutuhannya tanpa repot harus membeli terlebih dahulu.

Yuk, sekarang saatnya Bunda siapkan 8 hal wajib ini untuk si Kecil menjelang persalinan, simak list belanja bayi di bawah ini:


1. Baju panjang

Bayi yang baru lahir kegiatannya hanya tidur sepanjang hari. Kegiatan ini berlangsung hingga ia masuk usia dua bulan. Sedikit demi sedikit si Kecil akan berusaha berinteraksi dengan sekitarnya. Oleh sebab itu, siapkan baju tidur yang nyaman, berbahan tidak gerah dan tidak gatal. Jangan membeli terlalu banyak, karena perkembangan bayi di usia ini sangat pesat. Dalam kurun waktu 1-2 bulan, bayi bisa bertambah berat badannya hingga 2 kg. Baju pun hanya akan terpakai beberapa bulan saja. Selain baju sehari-hari, Bunda bisa beli beberapa pakaian pergi untuk persiapan apabila si Kecil harus keluar rumah. Beli lah ukuran lebih besar agar terpakai lama ya, Bun.


2. Celana Panjang

Sama halnya dengan baju, celana yang dibutuhkan si Kecil adalah celana yang nyaman, tidak gerah dan gatal. Sediakan celana panjang agar ia tetap hangat selama tidur. Biasanya, toko-toko bayi di pasaran menyediakan baju dan celana sepasang, hal tersebut memudahkan Bunda untuk memilih, lho!


3. Sarung tangan dan kaki

Saat lahir ke dunia, kuku kaki dan tangan bayi cukup panjang. Karena masih lunak dan sangat kecil sekali, biasanya kuku tidak akan langsung dipotong. Selama belum dipotong, Bunda wajib siapkan sarung tangan dan kaki ini agar ketika bayi bergerak, kukunya tidak melukai kulit bagian tubuh lainnya.


4. Selimut/bedong

Banyak sekali ibu-ibu yang sudah tidak lagi menggunakan bedong ke bayinya setelah pulang dari rumah sakit. Tapi, bedong yang multifungsi bisa saja menjadi alternatif Bunda jika ingin membeli. Beli lah bedong yang bisa digunakan menjadi selimut agar ketika bayi sudah sedikit lebih besar, bedong bisa digunakan terus menerus. Pilih kain yang tidak membuat bayi gerah dan gatal ya, Bun.


5. Popok/diapers

Intensitas pipis bayi masih sangat sering, hampir sama banyak dengan intensitas buang air besar. Beli lah popok dengan bahan nyaman dan aman untuk kulit bayi karena popok tersebut menyentuh kulit langsung dan biasanya akan sering dicuci akibat terkena kotoran bayi. Pilih kain yang awet untuk dicuci berulang kali, baik menggunakan mesin ataupun tangan. Alternatif lain, Bunda bisa gunakan diapers/popok sekali pakai apabila memang Bunda tidak punya waktu menyuci popok dengan catatan harus sering diganti secepatnya apabila bayi BAB/BAK.


6. Alas tidur/perlak

Bunda perlu menyiapkan alas tidur atau perlak untuk bayi berguna agar bayi tidak bersentuhan langsung dengan tempat tidur saat berganti baju atau popok. Selain itu, apabila kotor, alas seperti perlak mudah sekali dibersihkan. Hemat waktu dan tenaga juga, Bun.


7. Kapas dan wadah plastik

Penggunaan kapas dan wadah plastik pada bulan pertama kelahiran sangat sering. Selain si Kecil belum bisa untuk dibilas dengan air langsung saat buang air, kapas bisa jadi pengganti tissue basah. Lebih hemat juga karena kapas secara harga jauh lebih murah dibanding tissue basah.


8. Peralatan mandi

Pada bulan pertama, Bunda bisa mandikan si Kecil dengan cara dibasuh menggunakan waslap. Sediakan dua buah waslap, kering dan basah. Basah digunakan untuk membasuh seluruh badan dan setelah bayi diberikan sabun dan shampo lalu bersihkan lagi dengan waslap basah, kemudian keringkan badan bayi dengan waslap kering sebelum dibalut handuk. Bulan kedua dan berikutnya, bayi sudah mulai bisa mandi menggunakan bak khusus bayi, dengan menggunakan air hangat. Lengkapi kebutuhan sabun shampo khusus bayi juga untuk si Kecil mandi.

Sudah kebayang kan apa saja perlengkapan newborn baby. Setelah ini, Bunda bisa membuat catatan kecil berupa list belanja bayi untuk Bunda lengkapi sedikit demi sedikit sampai tiba saatnya bayi lahir nanti, dengan begitu Bunda bisa menghemat dan mengecek kebutuhan yang benar-benar penting dan yang tidak terlalu penting. Jangan lupa siapkan juga suplemen Asifit pelancar ASI agar Bunda bisa memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Selamat berbelanja!