Makan Mie Instan untuk Ibu Hamil, Amankah?

Makan Mie Instan untuk Ibu Hamil, Amankah?

November, 15 2019 | Regina | PREGNANCY

Aroma dan rasanya yang sedap memang membuat mie instan diganderungi banyak kalangan, tak terkecuali untuk ibu hamil.  Namun, “Amankah makan mie instan secara medis dikonsumsi ibu hamil?”. Sayangnya dari kemasannya saja, kita sudah mengetahui kalau mie instan tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan ibu hamil. 

Yap, Asifit mencoba untuk merangkum beberapa kandungan yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil. Apalagi seperti diketahui, makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh untuk kesehatan serta perkembangan janin dalam kandungan. Lantas, apa sajakah kandungan yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya sebagai persiapan ibu menyusui

  • Garam

Kandungan garam yang tinggi dalam mie instan ternyata dapat memicu terjadinya hipertensi pada ibu hamil. Hal ini lah yang perlu dihindari agar tidak terjadi preeklampsia yang membahayakan ibu hamil dan janin. Bahkan, riset menemukan sebanyak 2,5-5 gram garam terdapat dalam 100 gram mie. Nah, kandungan natrium yang tinggi ini tidak bagus jika dikonsumsi berlebihan untuk ibu hamil. 

Selain ibu menyusui, mie instan juga tidak dianjurkan sebagai makanan ibu menyusui karena nutrisi ASI (Air Susu Ibu) yang langsung diserap oleh bayi. 

  • Pengawet, pewarna & perasa

Tak dipungkiri jika mie instan mengandung pengawet, pewarna dan perasa yang tidak baik untuk tubuh. Kendati WHO sejak 2001 telah memberikan pedoman untuk produsen agar semua produk mie instan ditambah nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, dan zink. Namun tetap saja, pengawet dan pewarna dalam mie instan sulit untuk diserap tubuh yang berakibat mengganggu sistem pencernaan dan hormon ibu hamil terutama menjelang persalinan. 

Nah, Bun, yuk ketahui persiapan ibu menyusui seperti yang membuat ASI lancar. Asifit hadir dalam kemasan praktis berbentuk kaplet yang membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Kandungan ekstrak daun katuk alami dan vitamin B kompleks membuat Asifit aman dikonsumsi ibu menyusui, bahkan ibu hamil dengan usia kandungan minimal tujuh bulan sebagai persiapan ibu menyusui. 

Kendati tidak dianjurkan, mie instan ternyata masih boleh dinikmati oleh ibu hamil. Hanya saja, jumlahnya yang sangat minim seperti maksimal satu bulan sekali. Hingga kini, belum ada penelitian yang mengungkap batas aman konsumsi mie instan untuk ibu hamil atau sebagai makanan ibu menyusui

“Saat hamil, apa yang ibu makan akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan janin. Karena itu sebaiknya bumil memperhatikan asupan makanan yang ia konsumsi," ungkap Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG dilansir The Asian Parents. 

“Jika memang ibu hamil benar-benar ingin makan mie instan, sebaiknya hanya satu bulan sekali,” lanjutnya. 


Berikut Asifit berikan beberapa tips jika Bunda tetap ingin konsumsi mie instan:

  1. Jangan gunakan bumbu dari kemasan mie instan seluruhnya. Sebaiknya Bunda hanya menggunakan setengah saja dari kemasan bumbu yang disediakan atau Bunda bisa membuat sendiri bumbu sesuai selera Bunda. 
  2. Tambahkan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi seperti sayuran hijau dan protein hewani. Pastikan juga bahan-bahan makanan tersebut dimasak matang. 
  3. Akan lebih baik jika Bunda tidak mengonsumsi mie instan. Bunda bisa ganti dengan mie organik atau sup yang dibuat sendiri. 

Nah, itu dia tips serta fakta tentang mie instan untuk ibu hamil. Yuk, mulai jaga kesehatan tubuh sebagai persiapan ibu menyusui dengan mengonsumsi makanan bergizi serta suplemen pelancar ASI seperti Asifit. Selamat menanti hadirnya buah hati, ya, Bun!