5 Benda yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

5 Benda yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

November, 28 2018 | editor 2 | PREGNANCY

5 Benda yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki bulan ke-8 pada masa kehamilan merupakan waktunya Bunda untuk harus mulai memikirkan persiapan persalinan sebelum pergi ke rumah sakit. Setelah melakukan berbagai persiapan sebelum melahirkan seperti memahami kontraksi, mengatur nafas, hingga latihan ‘ngeden’, Bunda juga perlu mempersiapkan keperluan Bunda dan Si Kecil dari jauh hari apa yang dibawa ke rumah sakit setelah proses persalinan selesai..

Sudah pasti Bunda dan Ayah akan merasa sangat antusias menyambut Si Kecil ke kehidupan ini. Tetapi, jangan sampai terlalu berlebihan, ya, hingga membawa barang-barang yang tidak terlalu berguna ke rumah sakit. Nah, kalau gitu coba simak, yuk, berikut beberapa benda yang harus Bunda ingat untuk persiapan tas ke rumah sakit sebelum persalinan:

Popok khusus bayi baru lahir

Persiapkan popok khusus Si Kecil yang baru lahir ini untuk dipakai saat sudah diperbolehkan pulang, ya. Namun, pastikan dulu sebelum membeli nanti apakah pihak rumah sakit akan menyiapkannya atau tidak, ya. Jadi, Bunda dan Ayah dapat mengisi persiapan tas ke rumah sakit dengan barang lain yang lebih berguna juga. Jangan lupa cari tahu juga popok khusus bayi baru lahir yang aman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit Si Kecil, ya, Bunda.

Perlengkapan pakaian bayi baru lahir

Bunda pasti telah membayangkan Si Kecil menggunakan baju-baju lucu nan menggemaskan saat melakukan persiapan sebelum melahirkan, bukan? Eitss.. Tapi jangan berlebihan ya, Bunda, saat membawa baju Si Kecil nanti ke rumah sakit. Biasanya persalinan normal hanya membutuhkan 2-3 hari masa penyembuhan. Jadi, Usahakan bawa baju, celana, topi, sarung tangan, dan kain panjang untuk menghangatkan bayi yang nyaman dan berbahan lembut untuk 3 hari setelah lahiran.

Dokumen-dokumen penting

Menjelang proses persalinan biasanya Bunda dan Ayah akan merasa gembira serta gelisah secara bersamaan hingga membuat berbagai hal dipikirkan tak menentu. Kejadian seperti ini biasanya akan membuat Bunda melupakan benda-benda penting apa yang dibawa ke rumah sakit dan berkaitan dengan proses persalinan. Alangkah baiknya jika Bunda sudah membuat daftar benda-benda yang dibutuhkan dari jauh hari. Pastikan juga Bunda membawa dokumen-dokumen penting seperti copy KTP, surat nikah, kartu keluarga, kartu asuransi, dan buku ibu hamil untuk persiapan sebelum melahirkan dalam satu tempat hingga memudahkan untuk mencarinya

Pakaian dalam untuk ibu melahirkan

Jangan lupa untuk memasukkan pakaian dalam khusus ibu melahirkan ke dalam daftar apa yang dibawa ke rumah sakit, ya, Bunda. Celana dalam, bra menyusui, korset yang nyaman, dan breast pad sebagai persiapan untuk menyusui setelah si Kecil lahir nanti. Breast pad merupakan penyerap ASI yang diselipkan di antara bra dan payudara untuk mencegah rembesan ASI. Hal ini akan memudahkan Bunda ketika sewaktu-waktu Si Kecil membutuhkan ASI tanpa perlu khawatir baju akan kotor.

Pembalut nifas

Meskipun beberapa rumah sakit bersalin menyiapkan pembalut khusus ibu melahirkan, tetapi tidak ada salahnya jika Bunda membawa sendiri dari rumah ke dalam persiapan tas ke rumah sakit. Hal ini dikarenakan setiap Bunda memiliki selera yang berbeda dalam memilih pembalut yang tentunya memiliki kenyamanan tersendiri. Lebih baik cari tahu dulu ya pembalut yang lebih aman dan nyaman digunakan sehingga tidak akan membuat iritasi serta gatal-gatal.Nah, semoga persiapan sebelum lahiran yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat dan dapat mengatasi kebingunan Bunda mengenai benda-benda apa yang dibawa ke rumah sakit. Mempersiapkan proses persalinan dengan teliti akan sangat membantu Bunda saat melewati proses persalinan supaya lebih tenang dan lancar, lho, jadi tidak perlu takut akan benda-benda yang tertinggal, deh!