Yuk, Ketahui 3 Tahapan Panduan MPASI Berdasarkan Usia

Yuk, Ketahui 3 Tahapan Panduan MPASI Berdasarkan Usia

January, 31 2020 | Regina | BREASTFEEDING

MPASI atau Makanan Pendamping ASI diberikan pada bayi berusia enam bulan. Karena pada usia ini, sistem pencernaan bayi dianggap sudah siap untuk mencerna asupan selain ASI. Kendati sudah bisa menerima asupan lain, ASI tetap menjadi nutrisi utama untuk bayi dan makanan ibu menyusui pun tetap harus diperhatikan. 

MPASI hadir untuk melengkapi kebutuhan gizi bayi hingga si Kecil tidak harus mengonsumsi ASI lagi pada usia 24 bulan. Dalam memberikan MPASI, ada tiga tahapan yang harus diperhatikan berdasarkan usia bayi. 

  1. MPASI pada bayi 6 bulan

Pada usia ini, bayi belum terlalu banyak menerima makanan. Ia masih mengandalkan ASI sebagai nutrisi utama, makanya kebutuhan gizi dari makanan ibu menyusui seperti protein, lemak, karbohidrat hingga mineral harus tetap seimbang. 

Makanan yang dikonsumsi pada bayi 6 bulan haruslah bertekstur lembut. Kentang, apel, pisang, dan sayuran lain harus halus sebelum diberikan bayi. Pada tahap ini, Bunda juga sudah bisa memberikan cangkir khusus agar bayi belajar minum air dengan menyesap. 

  1. MPASI pada bayi 8-11 bulan 

Pada tahapan ini, gigi bayi sudah mulai tumbuh. Tekstur menu MPASI pun sudah dapat ditingkatkan. Bunda sudah bisa memberikan finger foods seperti wortel, buncis, dan kentang. 

Pada usia ini, bayi juga semakin aktif yang membuatnya butuh ASI yang banyak. Oleh karena itu, selain menu MPASI yang bergizi, Bunda juga harus memperhatikan nutrisi dari makanan ibu menyusui. 

  1. MPASI pada bayi 12 bulan lebih

Saat bayi sudah mencapai usia 1 tahun, maka si Kecil bisa diberikan 3-4 porsi nasi, kentang atau roti; 3-4 porsi sayur dan buah potong; dan 2 porsi ikan, telur atau daging. 

MPASI pada dasarnya adalah tahapan bayi mulai belajar menentukan keinginannya untuk makan. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan bayi untuk menghabiskan makanan, karena ia tidak akan kekurangan gizi selama perkembangan tubuhnya baik. 

Demi menunjang kebutuhan nutrisi dari ASI, Bunda harus senantiasa memperhatikan kuantitas dan kualitas ASI. Asifit pelancar ASI hadir sebagai solusi untuk ibu menyusui. 

Selain mengandung ekstrak daun katuk, Asifit pelancar ASI juga mengandung vitamin B kompleks (B1, B2, B6, dan B12) yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh ibu menyusui. Asifit pelancar ASI ini bisa Bunda temui di apotek Kimia Farma, supermarket, dan apotek serta toko obat lainnya dengan harga yang terjangkau, lho!