Langkah Persiapan Bunda Menyusui yang Perlu Dipersiapkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sumber : www.alodokter.com

Sebagai asupan terbaik untuk bayi, ASI memang terbukti memiliki peranan penting dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah membantu bayi membentuk sistem kekebalan tubuh. Yup, ASI memiliki kandungan zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang dapat membantu bayi melawan bakteri dan virus. Artinya, bayi Bunda bakal tidak mudah cepat sakit apabila ia menerima ASI eksklusif setidaknya hingga 6 bulan pertama kehidupannya.

Nah, agar Bunda dapat secara lancar melakukan pemberian ASI eksklusif, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hmm… Apa saja persiapan bunda menyusui yang mesti dilakukan? Baca terus untuk mengetahuinya ya..

Ikutan kelas edukasi menyusui ya bun, Meskipun Bunda bisa mendapat berbagai informasi mengenai cara menyusui dari berbagai sumber yang memungkinkan Bunda menambah pengetahuan atau sekadar bertukar cerita dengan Bunda lainnya. Hitung-hitung, sekaligus menambah teman, Bun. Perhatikan asupan gizi Bunda juga ya. 

Mengerti seluk-beluk ASI hingga teknik menyusui memang persiapan yang penting. Namun, keberhasilan ibu menyusui tidak lepas dari dukungan ayah lho. Persiapan Bunda menyusui yang juga tidak kalah penting yaitu memperhatikan asupan gizi Bunda. Kenapa? Kalau asupan gizi Bunda kurang memadai, maka dapat menimbulkan masalah dalam produksi ASI sehingga bisa-bisa tidak lancar. Bunda tentu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, perhatikan asupan gizi Bunda, ya. Pastikan Ayah sudah siap membantu Bunda dalam proses menyusui, ya.