Bukan Cuma Pelancar ASI, Pijat Oksitosin Bisa Bantu Lancar Persalinan

Bukan Cuma Pelancar ASI, Pijat Oksitosin Bisa Bantu Lancar Persalinan

January, 31 2020 | Regina | PREGNANCY

Pijat oksitosin dikenal ampuh untuk mengatasi ASI ibu kurang lancar. Hal ini disebabkan karena pijat oksitosin merangsang produksi hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. 

Hormon oksitosin diproduksi otak bagian belakang yang memiliki cara kerja seperti efek morfin. Selain bisa menimbulkan perasaan bahagia, hormon oksitosin juga bisa mengurangi rasa sakit, lho! Maka dari itu, banyak dokter dan bidan yang menyarankan pijat oksitosin sebelum persalinan. 

Manfaat ganda dari pijat oksitosin ini memang terbukti bisa membuat calon ibu merasa lebih rileks karena menurunkan tekanan darah. Bahkan, dilansir dari Very Well Family, pijat oksitosin yang memproduksi hormon oksitosin ini bisa membangun bonding, rasa percaya dan cinta. 

Lantas, bagaimanakah cara melakukan pijat oksitosin? Bunda, bisa membaca lebih lanjut di artikel ini (Baca: Pijat Oksitosin Sebagai Bentuk Peran Ayah dalam Menyusui). 

Pijat oksitosin yang dilakukan sebelum persalinan selain bisa membuat proses persalinan lebih lancar, juga bisa membantu mengurangi ASI ibu kurang lancar yang biasanya terjadi usai melahirkan. ASI ibu kurang lancar sebetulnya normal terjadi hingga 3 sampai 5 hari setelah melahirkan. 

Selain melakukan pijat oksitosin, usai melahirkan Bunda bisa juga mengonsumsi suplemen Asifit yang mengandung ekstrak daun katuk alami dan vitamin B kompleks (B1, B2, B6, dan B12). Suplemen Asifit sangat aman dikonsumsi untuk mengatasi ASI ibu kurang lancar, bahkan sejak sebelum melahirkan atau tepatnya mulai usia kandungan 7 bulan. 

Suplemen Asifit hadir dengan kemasan praktis dalam bentuk kaplet. Bunda hanya perlu mengonsumsi suplemen Asifit sehari 3 kali sebanyak 1-2 kaplet saja. 

Selain pijat oksitosin dan konsumsi suplemen Asifit, Bunda juga bisa melakukan berbagai hal yang bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin menjelang persalinan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sendiri seperti menonton film kesukaan, menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai, hingga berhubungan intim dengan suami. 

Seperti dilansir dari Detik.com, pijat oksitosin terbukti mampu merangsang kontraksi otot saluran ASI untuk bekerja. Jika pijat oksitosin dilakukan saat Bunda akan melahirkan, kontraksi rahim bisa juga terjadi. Dan, pijat oksitosin ternyata akan lebih berdampak ketika dilakukan oleh suami, lho Bun!  

"(Pijat oksitosin) Bisa dilakukan terutama oleh suami. Dianjurkan ibu buka baju dan posisinya agak membungkuk, membuka bra, dalam posisi bra menggantung," ungkap dr.Jeane-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC.